Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Hot Triany Nadapdap

Official Writer
2218


Setelah sekian lama menunggu, berharap dan berdoa untuk diterima di pekerjaan dan kantor yang baru, mungkin Anda baru diterima kerja minggu ini atau hari ini. Seperti kebanyakan kata orang tua ketika membagikan raport kenaikan kelas, "Nak, lebih mudah merebut juara daripada mempertahankan. Jadi, belajarnya ditingkatkan." Pesan orang tua tersebut akan teruji, apakah kita akan betah di pekerjaan yang baru? Atau pertanyaan lebih penting, apakah Anda dapat diterima oleh lingkungan di kantor yang baru ini?

Kunci jawaban semua pertanyaan di atas, bukan terletak pada lingkungan baru Anda tetapi pada kemampuan adaptasi Anda sendiri. Jika Anda adalah orang yang baru, maka Andalah yang perlu menyesuaikan diri. Kenapa? Karena Andalah pendatang yang masuk ke lingkungan baru dimana kebiasaan, norma atau nilai sudah lebih dahulu dihidupi oleh mereka bersama. Penulis akan mencoba memberikan beberapa tips bagaimana cara beradaptasi di lingkungan baru, yaitu:
  1. Senyum Sapa dan Salam (Hukum 3 S) adalah hukum wajib yang pertama. Kenapa? Karena kita tinggal di Indonesia yang sudah terkenal dengan budaya ramah dan senyum. Sudah pasti tuntutan yang diberikan kepada Anda adalah ramah. Jadi bersikaplah ramah, sekalipun Anda adalah orang yang pendiam. Ingat, hukum 3 S pada awal pertemuan bukan berarti munafik melainkan nilai kesopanan.
  2. Kenalkan nama Anda, dan berusaha mengingat nama orang lain. Ketika bersalaman, Anda haruslah sambil mengenalkan nama. Ingat, Anda yang sedang ingin memperkenalkan diri. Menyebutkan nama pada awal perkenalan bukan SKSD (Sok Kenal Sok Dekat), tapi sudah secara internasional seperti itu. Jika Anda menonton film Asia, Eropa dan Amerika semua orang akan menyebutkan nama ketika pertama kali bersalaman. Sebisa mungkin juga fokus, sehingga Anda dapat mengingat dengan baik nama orang lain.
  3. Ikuti kebiasaan, tradisi dan nilai yang sudah ada di departemen Anda sehingga akan lebih memudahkan orang yang sudah lebih lama untuk menerima Anda. Sebisa mungkin dalam sebulan pertama, tidak menolak setiap ajakan mereka-makan bersama, ke mall bersama dan pulang kantor bersama, kecuali memang karena ada yang sifatnya penting (urgent). Hal ini akan penting bagi Anda untuk mempelajari lingkungan dan interaksi di ruangan atau kantor, supaya Anda tahu cara menempatkan diri Anda.
  4. Hindari bergaul dengan orang-orang yang bicaranya selalu negatif dan menjelek-jelekkan manajemen/perusahaan, sementara mereka sudah hampir puluhan tahun bekerja di perusahaan tersebut. Mungkin mereka hanya punya masalah pribadi sehingga mengemukakan hal yang belum tentu pasti kebenarannya. Pelajari jika ada hal-hal yang positif dan abaikan hal-hal yang bisa melemahkan jiwa Anda.
  5. Kerjakan bagian pekerjaan Anda dengan maksimal dan effort yang tinggi. Ingat bahwa dalam masa probation (3-6 bulan sesuai kontrak) Anda sedang dalam proses monitoring oleh manajemen Anda. Apakah Anda akan bertahan atau tidak itu semua tergantung kemampuan kerja Anda.
Jika Anda ingin membahas, curhat, atau bertanya lebih dalam tentang topik 'cara cepat adaptasi di kantor baru' ini kami tunggu komen dan tanggapan Anda di forum (grup JCers) dengan langsung klik di sini


Sumber : jawaban.com/htn

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Devi Panjaitan 22 August 2019 - 09:46:21

Saya sedang dilema dgn bbrpa pilihan. Pertama sy s.. more..

0 Answer

agung setiawan 21 August 2019 - 14:27:12

Sebuah mesin yang bekerja menurut daur carnot men.. more..

0 Answer

George 21 August 2019 - 06:36:40

Puasa daniel yang benar

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7275

Banner Mitra Agustus Week 3