Obama Minta Dana Tambahan 39 Triliun Untuk Perangi ISIS
Sumber: (REUTERS/Pete Souza/The White House/Hand

Nasional / 8 November 2014

Kalangan Sendiri

Obama Minta Dana Tambahan 39 Triliun Untuk Perangi ISIS

Puji Astuti Official Writer
4185

Untuk melanjutkan perang terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Presiden Barack Obama mendesak senat untuk mencairkan dana tambahan sebesar 3,2 miliar dolar AS atau senilai Rp.39 triliun pada Jumat (7/11) lalu. Dana sebesar itu akan digunakan untuk membiayai operasi militer dan melatih serta mempersenjatai pasukan Pemerintah Irak.

Saat ini operasi militer melawan ISIS dilakukan Amerika melalui serangan udara, dimana setiap harinya diperkirakan memakan biaya 3,8 juta dolar AS atau sekitar 46 miliar rupiah. Namun menurut analisi independen nilai itu lebih tinggi dari yang disebutkan Pentagon.

Selain meminta tambahan dana kepada Senat AS, menurut berita yang dirilis CNN, Obama juga menulis surat rahasia kepada pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei untuk menyepakati persetujuan nuklir dan mendesak kerjasama untuk mengatasi ISIS. Namun langkah Obama menghubungi pemimpin Iran tersebut dikritik oleh beberapa anggota senat AS.

"Pemerintah perlu memahami rezim Iran ini lebih tertarik memperlemah Amerika Serikat dan mengusir kita keluar Timur Tengah, bukannya bekerja sama," demikian pernyataan bersama anggota parlemen dari Partai Republik.

Perang melawan ISIS diperkirakan para pengamat militer masih akan berlangsung selama beberapa tahun ke depan. Kekejaman ISIS yang melakukan pembantaian masal membuat dunia internasional mengecam dengan keras, saat ini beberapa negara telah bergabung dalam Koalisi Internasional untuk memerangi ISIS.


Sumber : Kompas.com | CNN | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami