Benarkah Makan siang di Meja Kerja Buat Gemuk?
Sumber: medicmagic.net

Info Sehat / 26 October 2014

Kalangan Sendiri

Benarkah Makan siang di Meja Kerja Buat Gemuk?

Lois Official Writer
4873
Makan siang di meja kerja seringkali dilakukan oleh para pekerja untuk menghemat waktu. Pekerjaan yang menumpuk dan memerlukan tindakan segera yang biasanya menjadi penyebabnya. Untuk pergi ke kantin tentu akan menghabiskan waktu.

Namun, menurut para ahli kebiasaan yang satu ini tidak baik karena memmbuat berat badan bertambah. Hal tersebut dikemukakan oleh peneliti Ashima Kant kepada The Sunday Times.

Penelitian ini dilakukan dengan 8.314 partisipan selama lima tahun. Mereka yang terbiasa makan di luar rumah, seperti makan di kantor cenderung mengalami peningkatan berat badan, terlepas dari makanannya sehat atau tidak.

Orang yang makan siang di meja kerja cenderung memilih makanan yang praktis dan cepat saji sehingga nutrisinya kurang lengkap. Karena itu, gizi yang terserap tubuh pun tak lengkap. Hal ini ditambah lagi seharian duduk di meja sehingga kalori yang dikeluarkan jauh lebih sedikit. Tak heran jika lama-kelamaan menjadi gemuk.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian terhadap kesehatan seseorang dengan jumlah asupan makanannya terutama saat makan di luar rumah, ditemukan bahwa hal itu mempengaruhi obesitas tidaknya seseorang. "Kami menemukan bahwa partisipan yang mengkonsumsi makanan jauh dari rumah sebanyak enam kali atau lebih dalam seminggu, memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan konsentrasi yang lebih rendah dari high-density lipoprotein (HDL) - kolesterol baik," ujar Kant.
Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami