Defisit Listrik Masih Menjadi Tantangan
Sumber: Okezone

Nasional / 22 October 2014

Kalangan Sendiri

Defisit Listrik Masih Menjadi Tantangan

Theresia Karo Karo Official Writer
3152
Harga listrik di Indonesia terbilang murah. Padahal menurut Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Rida Mulyana pemerolehan listrik tersebut didanai dari hasil utang PT Perusahaan Listrik Negara.

“Energi sudah menjadi kebutuhan pokok. Di kita, energinya murah; dan kata Dirut PLN Pak Nur Pamudji, itu dari utang. Sudah ngutang, murah lagi. (Pemakainya) sombongnya enggak ketulungan,” jelasnya sambil bercanda saat ditemui di peluncuran permen SDM Nomor 27 Tahun 2014 di Jakarta (22/10).

Menurutnya saat ini kebutuhan listrik masih ditopang oleh energi dari fosil. Selain energi fosil adalah energi tidak terbarukan, ternyata penggunaannya berdampak buruk bagi lingkungan. Oleh sebab itu Indonesia perlu mengembangkan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik. Apalagi Indonesia saat ini sedang mengarah pada Negara industri dan pastinya kebutuhan akan listrik akan sangat meningkat.

Faktor energi adalah salah satu yang menyebabkan investor enggan menanamkan modal di Indonesia. Masalah kelistrikan menjadi salah satu pekerjaan besar yang harus dihadapi pemerintahan baru Joko Widodo-Jusuf Kalla ke depannya. Pasalnya, selama ini rasio elektrifikasi di Indonesia masih terbilang rendah.

Sumber : Kompas/Okezone.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami