Google Umumkan OS 5 Bernama Lollipop, Ini Keunggulannya
Sumber: google.com

Entertainment / 16 October 2014

Kalangan Sendiri

Google Umumkan OS 5 Bernama Lollipop, Ini Keunggulannya

Lois Official Writer
3622
Sistem operasi Android terbaru versi 5.0 telah diumumkan Google pada Rabu (15/10/2014) kemarin dengan sebutan Lollipop. Tentunya sistem operasi terbaru ini punya keistimewaannya sendiri. Fitur-fitur apa saja yang diperkenalkan Google di Android versi 5.0 ini? Ini dia keterangannya :

Lollipop dibuat untuk dipakai saat melakukan interaksi sehari-hari yang membutuhkan perangkat berbeda-beda. Hal ini disebut dalam postingan di blog resmi Google. Google menyebut pengguna bisa melanjutkan aktivitas yang ditinggalkan sebelumnya yang dilakukan di perangkat yang berbeda dan bisa kembali dijalankan pada perangkat yang lain.

Sebagai contoh, pengguna bisa melanjutkan pemutaran lagu dari satu perangkat ke perangkat lain, melihat foto, menjalankan aplikasi yang berbeda-beda. Inilah yang disebut Google dengan Material Design, dimana desain ikon-ikonnya juga lebih flat dengan warna dan tipografi yang lebih berani dibanding versi sebelumnya.

Selain itu, Google juga mengklaim bahwa Lollipop lebih responsif terhadap sentuhan maupun suara. Konten-konten yang ada di dalam perangkat bisa diakses dan dijalankan dengan mudah, transisi antar tugas dijanjikan lebih mulus, dan Google juga mengklaim fitur dalam Lollipop akan menghemat baterai perangkat yaitu sebanyak 90 menit lebih lama dibandingkan 4.4 Kitkat.

Ada kelebihan Lollipop lainnya. Menurut Google, ada setting khusus untuk mengatur notifikasi dari siapa saja yang ingin ditampilkan. Jadi, ketika layar dalam keadaan terkunci, pengguna hanya akan melihat notifasi dari kontak yang dikehendakinya saja. Sistem operasi ini juga lebih memperketat pengamanan. Selain PIN, password, dan pattern, ada pula fitur Smart Lock dimana fitur ini bekerja dengan cara menjadikan objek lain sebagai 'kunci' pembuka smartphone seperti jam tangan atau mobil pengguna.

Itulah beberapa keunggulan yang dikemukakan Google mengenai sistem operasi terbarunya itu yang diberi tagline : Be together. Not the same (Bersama-sama. Tidak Sama). Pada Nexus 6 bersama Motorola dan Nexus 9 yang bekerjasama dengan HTC, dan Nexus Player Google sudah menanamkan OS terbarunya itu. Untuk Nexus 4,5,7, 10, dan Google Play akan tersedia OS 5 pada minggu depan.
Sumber : googleblog.blogspot.co.uk-kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami