6 Sikap yang Perlu Diubah Demi Karir Cemerlang
Sumber: Chatelaine.com

Career / 15 October 2014

Kalangan Sendiri

6 Sikap yang Perlu Diubah Demi Karir Cemerlang

Lori Official Writer
5851

Karir cemerlang sangat ditentukan oleh sikap dan cara pandang kita terhadap apa pekerjaan yang sedang kita geluti. Namun banyak pekerja masih selalu bingung dengan karirnya yang tak kunjung berkembang.

Seperti diungkapkan oleh konsultan bisnis asal Amerika Serikat Lisa Quast, agar mencapai karir cemerlang dibutuhkan kesadaran penuh bahwa karir merupakan tanggung jawab Anda. Bukan tanggung jawab manajer, teman kerja, atau siapapun. Sukses dalam karir berarti perlu memandang karir seperti halnya para pengusaha melihat bisnisnya.

Lalu apa yang menentukan untuk mencapai karir cemerlang ke depan bagi para pekerja? Di sadari atau tidak, beberapa sikap ini hanya akan menghancurkan karir Anda.

Perfeksionis

Tipe pekerja perfeksionis tampaknya sangat baik lantaran tak ingin sembarangan mengerjakan pekerjaannya. Namun, mengejar kesempurnaan semata dalam karir dapat menganggu cara pandang Anda terhadap sebuah kesuksesan. Karena lazimnya, pekerja perfeksionis tidak pintar menggunakan waktu, tidak fleksibel, selalu merasa tahu segala sesuatu dan kerap menuntut segala sesuatunya sempurna. Hal ini jelas sangat menyita energi dan waktu untuk dapat menyelesaikan pekerjaan lain dengan lebih cepat.

Tidak profesional

Bekerja memerlukan profesionalitas. Hal ini mencakup pada etika berbicara dan berperilaku terhadap sesama rekan kerja ataupun tanggung jawab pekerjaan. Menunjukkan ekspresi penuh iri dan berprasangka negatif terhadap rekan kerja hanya akan menjatuhkan harga diri Anda di mata rekan-rekan kerja atau bahkan hingga bos Anda.

Sering mengeluh

Suasana di kantor memang tak selamanya menyenangkan. Mungkin Anda akan bertemu dengan beragam karakter dan kondisi yang memancing emosi Anda. Begitu pula dengan tekanan pekerjaan yang sangat tinggi mengakibatkan Anda tak lagi punya passion terhadap pekerjaan. Pada akhirnya Anda kerap mengeluh dan acuh tak acuh terhadap pekerjaan. Kebiasaan mengeluh hanya akan menunjukkan betapa lemahnya Anda dimata rekan-rekan. Sehingga adalah baik, bila pekerja dapat berjuang melawan ego sendiri dan bersikap lebih positif.

Melanggar peraturan

Ciri pekerja yang tidak disiplin adalah memiliki kebiasaan melanggar peraturan kantor. Kerap tiba telat ke kantor memang adalah hal yang sangat sepele, namun ternyata sangat berdampak pada penilaian karir Anda. Kebiasaan ini bisa jadi akan menghambat peningkatan karir Anda. Tak hanya itu, kebiasaan lain seperti tak sepaham dengan pemimpin perusahaan dan ngotot dengan pikiran sendiri hanya akan membuat Anda kelihatan seperti pribadi yang keras kepala.

Malas

Setiap perusahaan pasti hanya akan mempekerjakan orang-orang yang kompeten. Sebaliknya, pekerja yang berkepribadian buruk hanya akan memperpendek masa depan karirnya. Sikap yang paling tidak disukai pimpinan tentunya sikap malas. Anda dibayar untuk bekerja, jadi bermalas-malasan tentu tidak dibutuhkan di kantor. Saat merasa lelah atau enggan bekerja sebaiknya istirahatlah sejenak dan aktifkan mood Anda kembali.

Suka menunda pekerjaan

Suka menunda pekerjaan identik dengan seseorang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, seseorang yang suka menunda hanya akan dipandang sebagai pribadi yang tidak berkomitmen untuk menuntaskan pekerjaannya.

Jika Anda masih memiliki sikap diantaranya, segera benahi diri. Dan jangan menyia-nyiakan pekerjaan yang telah Anda miliki saat ini hanya karena kebiasaan Anda yang tidak baik. Sukses itu Anda yang tentukan!

<!--[endif]-->--> Sumber : Liputan6.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami