Candi Borobudur yang Kaya Akan Kemegahan Masa Lalu
Sumber: indonesia.travel

Travel / 13 October 2014

Kalangan Sendiri

Candi Borobudur yang Kaya Akan Kemegahan Masa Lalu

Lois Official Writer
4058
Candi Borobudur merupakan salah satu kekayaan budaya Budha terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Candi ini juga didatangi banyak tokoh dunia seperti juga Mark Zuckerberg. Rugi rasanya jika Anda belum pernah menginjakkan kaki ke candi termegah dan menyimpan banyak sejarah ini.
Sejarah Singkat
Candi ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Memiliki luas 123x123 m2 dengan 504 patung Budha, 72 stupa terawang, dan 1 stupa induk, candi ini dibangun lebih dahulu 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral di Eropa.
Ada 2672 panel relief yang apabila disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km. Ada 160 panel yang sengaja ditimbun karena reliefnya dianggap vulgar dan cabul. Panel-panel yang terletak di bagian paling bawah berisi adegan Sutra Karmawibhangga (hukum sebab-akibat). Ada yang menyatakan penimbunan paling bawah itu untuk menguatkan bagian pondasi yang sejak awal ditemukan sudah sangat rusak. Sejak pertengahan abad ke-9, Candi Borobudur sudah menjadi tempat peziarah umat Budha dari China, India, Tibet, dan Kamboja.
Candi Borobudur dibangun selama 75 tahun di bawah pimpinan arsitek bernama Gunadarma dengan 60.000 meter kubik batuan vulkanil dari Sungai Elo dan Progo yang terletak sekitar 2 km sebelah timur candi. Sejarahwan JG de Casparis memperkirakan pendiri Borobudur adalah Raja Mataram Kuno dari Dinasti Syailendra bernama Samaratungga dan dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani.
Luas bangunan candi yaitu 15.129 m2 yang terdiri dari 2 juta potong batu-batuan dengan ukuran rata-rata 25 x 10 x 15 cm.
Lokasi
Candi ini berada di Jawa Tengah, di puncak bukit menghadap ke sawah yang subur di antara bukit-bukit yang renggang. Dulu kawasan tersebut merupakan muara dari berbagai aliran sungai, karena tertimbun endapan lahar kemudian menjadi dataran.
Untuk dapat mencapai Borobudur adalah dengan bergabung dengan tur atau menyewa mobil. Letaknya yang hanya berjarak 1 jam dari Yogyakarta akan memudahkan Anda untuk itu. Anda juga bisa mengambil tur sehari dari Wonosobo ke Borobudur dengan kendaraan yang berasal dari Semarang atau Yogyakarta.
Apa yang Ada di Candi Borobudur
Dinding-dinding candi dikelilingi oleh gambar-gambar yang merupakan satu rangkaian cerita. Candi ini memiliki 10 tingkat dimana tingkat 1-6 berbentuk bujur sangkar, sedangkan tingkat 7-10 berbentuk bundar. Bagian paling atas di tingkat 10 terdapat stupa besar berdiameter 9,9m dengan tinggi 7m. Candi ini dibangun tanpa menggunakan semen, seperti kesatuan lego yang saling mengukuhkan.
Dihiasi gambar yang membentuk cerita, para arkeolog menyatakan bahwa Candi Borobudur memiliki 1.460 rangkaian relief di sepanjang tembok dan anjungan. Untuk membaca ceritanya, setiap cerita selalu dimulai dan berakhir pada pintu gerbang sisi timur di setiap tingkatnya. Cerita dimulai dari sebelah kiri dan berakhir di sebelah kanan pintu gerbangnya. Cerita-cerita ini dapat Anda pelajari dan ikuti jika datang ke sana.
Hal menarik lainnya dari Borobudur adalah bukit Manoreh di selatan. Bukit ini namapk seperti orang tidur.
Ada pula Museum Samudera Raksa yang akan memberitahu Anda tentang sejarah perdagangan Indonesia dan Afrika di zaman kuno dan juga Museum Karmawibhangga yang menyediakan sumber lengkap tentang candi ini.
Kepercayaan Lokal
Masyarakat lokal menyebutkan bahwa jika Anda telah berada di puncak candi dan memiliki satu keinginan sungguh-sungguh, lalu tangan Anda dapat menjangkau sosok Sang Buddha di dalamnya, maka permintaan Anda akan terwujud.
Tips
Datanglah ke Candi Borobudur saat bulan purnama di bulan Mei, dimana akan ada festival Waisak yang meriah dan terkenal dengan lampion-lampionnya.
Kalau datang bersama anak-anak, Anda bisa mengelilingi kompleks Taman Wisata Candi Borobudur menggunakan kereta mini yang bernama Kereta Kelinci. Tarifnya Rp 5.000 sekali putaran. Apabila datang dalam rombongan sewalah Andong seharga Rp 75.000 dengan rute Dusun Klipoh - Desa Tanjungsari - Dusun Jowahan - Desa Wanurejo.
Biaya-Biaya
Sewa payung Rp 2.000
Sewa sepeda motor Rp 50.000-Rp 70.000 / 12 jam
Sewa sepeda onthel Rp 20.000 / 10 jam
Sewa sepeda biasa Rp 25.000 / 10 jam
Sewa sepeda di areal candi Rp 10.000
Sewa sepeda tandem Rp 15.000
Sewa hotel bervariasi
Tour guide Rp 50.000
Tarif andong keliling candi Rp 30.000 untuk 4 orang sekali putaran
Sumber : indonesia.travel by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami