Jokowi Perlu Perluas Dukungan Politiknya Jika Ingin Sukses Memimpin

Jokowi Perlu Perluas Dukungan Politiknya Jika Ingin Sukses Memimpin

Lois Official Writer
2228
Presiden terpilih Joko Widodo perlu memperluas basis dukungan politiknya, Jokowi tak cukup hanya mendapatkan dukungan masyarakat semata. Hal ini dikemukakan oleh Guru Besar Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Profesor Romo Magnis Suseno.

"Tidak cukup hanya dukungan masyarakat tapi perlu dukungan DPR untuk menyusun undang-undang dan anggaran," ujar Romo Magnis di Jakarta, Jumat (10/10/2014). "Jokowi perlu proaktif bernegosiasi tidak hanya menunggu orang lain untuk konsolidasi," ujarnya lagi.

Dia mencontohkan pemerintahan Obama di Amerika yang minim dukungan parlemen sehingga membuat Obama kesulitan menjalankan kebijakannya. Menyangkut Jokowi, Magnis mencontohkan alokasi anggaran tahun 2015 mendatang. Jika Jokowi tidak memperluas basis politik, maka ruang gerak Jokowi jadi sangat terbatas dan susah membuat terobosan.

Romo Magnis juga memberikan pesan tentang kekuasaan yang nanti dijalankan Jokowi. "Tidak cukup asal berkuasa tapi kita mengharapkan Jokowi menjalankan apa yang ia janjikan," ujarnya.

Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami