Anda Tipe Orangtua yang Seperti Apa?
Sumber: health.detik.com

Parenting / 7 October 2014

Kalangan Sendiri

Anda Tipe Orangtua yang Seperti Apa?

Lois Official Writer
5045
Setiap orangtua beda cara pengasuhannya kepada anak. Ada keinginan dan cara tersendiri yang mereka pakai di dalam membesarkan anak. Persamaannya adalah orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Meskipun ada banyak perbedaan, namun cara pengasuhan orangtua dibedakan menjadi beberapa tipe, yang manakah gaya Anda?

Orangtua Helikopter
Orangtua tipe ini terlalu melindungi anak. Mereka ingin masuk ke dalam semua bagian hidup anak, meskipun sudah dewasa sekalipun. Dalam bayangan mereka, anak pasti selalu membutuhkan bantuan mereka. Sayangnya, gaya pengasuhan ini akan membuat anak terlalu tergantung pada orangtuanya dan juga manja. Dalam beberapa hal, anak akan merasa malu karena orangtuanya terlalu ikut campur dalam hidupnya. Hal ini akan membuat anak-anak merasa depresi.

Orangtua Tipe Harimau
Menurut Amy Chua, profesor dari Harvard University, orangtua tipe ini adalah orangtua dengan disiplin yang tinggi dan punya banyak aturan ketat. Misalnya, anak tidak boleh makan malam sebelum mengerjakan PR atau belajar.

Orangtua Tipe Dinosaurus
Tipe seperti ini merupakan jenis orangtua yang kolot, tidak bisa diajak bernegosiasi. Hal ini sangat menyulitkan anak. Orangtua tipe ini juga sulit mengakui perkembangan jaman dan kurang akrab dengan teknologi.

Orangtua Tipe Serigala
Orangtua jenis ini tidak mudah percaya pada anak. Mereka bukanlah orang yang mudah ditipu. Ketika anak berjanji akan pulang sebelum pukul 22.00 dan setelah lewat jam yang dijanjikan, orangtua akan menelepon dan menuntuk anaknya segera pulang. Ketika anak beralasan tentang jam pulangnya yang tidak sesuai janji, orangtuanya tidak mau percaya begitu saja dan cenderung tidak peduli apapun alasannya.

Orangtua Tipe Anjing
Orangtua tipe ini sangat suka mengomentari segala hal di sekitarnya. Ia membuat komentar yang menyebalkan tentang siapa saja. Ini memang tidak berbahaya, tapi jika si anak mendengar orangtuanya berkomentar di depan orang lain, hal ini akan cenderung membuat anak merasa malu.

Orangtua Tipe Vampir
Tipe ini suka mengekang anaknya, mereka 'menghisap' kesenangan anaknya untuk beraktivitas di luar rumah. Orangtua tipe ini ingin makan, liburan atau sekedar nonton TV bersama di rumah. Namun sayangnya, kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk bersenang-senang dengan orang lain.

Orangtua Tipe Cyborg
Tipe ini kebalikan dari tipe dinosaurus, mereka selalu menggunakan alat-alat elektronik. Mereka kadang lebih sibuk dengan peralatan elektroniknya ketimbang mengurus anak. Sayangnya, seringkali pengasuhan orangtua jenis ini terlalu mengandalkan gadget, seperti si kecil diberi gadget untuk bermain agar tidak mengganggu dirinya sendiri.

Orangtua Tipe Bulan
Pola asuh tipe ini mungkin kelihatannya normal. Mereka memang sangat mencintai, mendukung, dan ramah pada anak-anaknya. Sayangnya seringkali mereka tidak tahu tentang perkembangan dunia sehingga tidak bisa melihat kemana arus anaknya bermuara. Padahal anak pasti berharap orangtuanya up to date sehingga mereka pun bisa tahu banyak hal.

Orangtua Tipe Volcano
Orangtua tipe ini memang pendiam. Selama bertahun-tahun mereka diam dan membebaskan anak untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Namun, jika anak melakukan kesalahan yang sama dan sulit dimaafkan, maka orangtua tipe ini bisa meledak kemarahannya. Orangtua volcano hanya meledak sekali seumur hidup jika si anak sudah keterlaluan, berbeda dengan orangtua serigala yang sering berbuat hal tersebut.

Orangtua Tipe Mary Poppins
Orangtua jenis ini seperti punya kepribadian ganda. Di depan si anak, mereka akan bersikap sangat manis. Dia menyenangkan, membantu mengatasi masalah, dan tidak mudah marah. Namun di belakang anak mereka memata-matai setiap gerak-gerik anak dan mencari tahu latar belakang anaknya sedetail mungkin.

Orangtua Tipe Zombie
Orangtua tipe ini seringkali berkomunikasi melalui bahasa tubuh, gerakan tangan, ataupun dengusan. Kelihatannya orangtua tipe ini tidak peduli dan cuek, namun keputusan mereka tidak bisa dilawan.

Nah, Anda tipe yang mana? Tidak ada tipe pengasuhan orangtua yang sempurna. Namun melalui pengetahuan ini, sedikit banyak Anda menjadi tahu tipe seperti apa pengasuhan Anda, apa kekurangannya, dan cobalah untuk memperbaiki hal tersebut demi anak-anak mendapatkan yang terbaik.
Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami