Abraham Samad Geram Anas Mangkir Diperiksa KPK
Sumber: KOMPAS/ALIF ICHWAN

Nasional / 8 January 2014

Kalangan Sendiri

Abraham Samad Geram Anas Mangkir Diperiksa KPK

Lori Official Writer
5675

Sejak ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Hambalang, Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum telah dua kali tak mengindahkan panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sehingga membuat Ketua KPK Abraham Samad merasa geram.

Saat diwawancarai oleh awak media Tempo.co, Selasa (7/1), Samad dengan tegas menyampaikan bahwa akan memanggil Anas dengan paksa. “Saya ingatkan kepada Anas lewat forum ini. Kalau sekali lagi tidak datang, saya akan memerintahkan penyidik saya untuk memanggil paksa,” kata Samad.

Pihak KPK masih akan memberi Anas kesempatan pemanggilan secara baik-baik satu kali lagi selambat-lambatnya pada Jumat (10/1) ini. Pasalnya, KPK memiliki kesempatan untuk memberi undangan pemeriksaan terhadap saksi atau tersangka sebanyak tiga kali, seperti tertera dalam kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana.

Menyikapi ancaman Samad, pihak Anas mengaku telah siap untuk menerima panggilan paksa tersebut. “Asal jemput paksanya jelas. Mas Anas kan punya hak untuk tidak datang dan itu dijamin oleh Undang-Undang dan konstitusi,” ujar Juru Bicara Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI).

Mangkirnya Anas dinilai oleh pihaknya lantaran ketidakjelasan tudingan KPK atas dugaan penerimaan sejumlah hadiah dari proyek Hambalang dan proyek lainnya. Meski begitu, Samad dengan tegas menyatakan bahwa KPK akan menjemput paksa Anas. “Kami tetap akan panggil ulang. Prinsip kami semua orang sama di mata hukum,” tandasnya.

Sebagai lembaga resmi yang telah diberi mandat untuk memberantas korupsi, seharusnya setiap warga negara yang ditetapkan sebagai saksi atau tersangka seyogyanya taat hukum dan berani mempertanggungjawabkan setiap perbuatannya sesuai dengan hukum yang berlaku.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Anas Urbaningrum Akan Dijemput Paksa KPK

Megawati Berikan Ruang Untuk Pemimpin Muda

Anggota DPR Anggap Presiden SBY Pahlawan Kesiangan

Ikut Olimpiade Musim Dingin, Atlet Dilarang Twitteran

Ini Kronologi Gedung C FISIP UI Ludes Terbakar

Jemaat Gereja Koptik Ini Akhirnya Miliki Rumah Ibadah Tetap

Konselor CBN Siap Sedia 24 Jam Setiap Hari.

Sumber : Tempo.co/Beritasatu.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami