9 Cara Tepat Mencegah Penyakit Leptospirosis

Solusi Sehat / 22 January 2014

Kalangan Sendiri

9 Cara Tepat Mencegah Penyakit Leptospirosis

Budhi Marpaung Official Writer
46156

Sudah satu minggu lebih, banjir melanda sebagian wilayah ibukota Indonesia, DKI Jakarta. Akibat hal itu, puluhan ribu warga akhirnya pindah atau mengungsi sementara ke lokasi yang lebih aman dan nyaman.

Meski sudah dievakuasi ke tempat yang tidak tergenang air, tetapi warga Jakarta perlu waspada terhadap bahaya leptospirosis yang mungkin saja menjangkiti anak-anak, remaja, maupun para orangtua. Oleh sebabnya, langkah antisipasi perlu dilakukan.

Menurut Tri Umar Dhani, S.K.H terdapat sembilan (9) cara agar terhindar dari sakit yang disebabkan oleh strain Leptospira ini:

1. Milikilah pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

2. Menyimpan makanan dan minuman dengan baik agar terhindar dari tikus.

3. Selalu mencuci tangan dengan sabun desinfektan sebelum makan.

4. Mencuci tangan dan kaki serta bagian tubuh lainnya dengan sabun setelah melakukan aktivitas, misalnya habis kerja di sawah/ kebun/ selokan/ sampah/ dek rumah ketika memperbaiki jaringan listrik.

5. Memakai sepatu dari karet dengan ukuran tinggi dan sarung tangan karet bagi kelompok pekerja yang beresiko tinggi Leptospirosis, misalnya petugas kebersihan dan petugas pemotong daging ataupun orang yang tinggal di daerah rawan banjir dan rob.

6. Menjaga kebersihan lingkungan.

7.Membersihkan tempat-tempat air dan kolam renang.

8. Membasmi tikus di rumah atau kantor.

9.Membersihkan dengan desinfektan bagian-bagian dari rumah, kantor atau gedung - misalnya gudang - yang diindikasi bekas kencing tikus.

Hanya saja perlu diingat walaupun tikus sudah mati bisa saja bakteri leptospira masih aktif. Oleh karena itu Tri Umar menyarankan agar bangkai tikus dikremasi atau dibakar karena bakteri itu akan mati ketika mengalami peningkatan kondisi suhu diatas 50 derajat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa mempraktikan langkah-langkah pencegahan dini penyakit leptospirosis sebagaimana ditulis di atas.  


Baca juga :

Mengenal Leptospirosis, Penyakit di Musim Banjir

Doa yang Terjawab

Hotma Sitompul : Semoga Bams Bisa Jaga Istri Dengan Baik

5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Lebih Kuat

Join IMAGO Festival 2014

Sumber : berbagai sumber / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami