6 Cara Agar si Kecil Pandai Bicara
Sumber: lifestyle.okezone.com

Parenting / 30 September 2014

Kalangan Sendiri

6 Cara Agar si Kecil Pandai Bicara

Lois Official Writer
2574
Mendengarkan anak mengoceh dan meniru perkataan kita sangat menyenangkan. Terkadang cara mereka yang salah melafalkan buat kita tertawa. Tapi, orangtua mana yang tak kuatir jika anaknya belum bisa bicara. Jika begitu, tips berikut ini bisa dijadikan patokan untuk mengajar anak pandai bicara :
Interaksi Sosial
Cara pertama supaya si kecil cepat bicara yaitu ajak si kecil bertemu dengan teman-teman seusianya sesering mungkin, terutama mereka yang sudah mulai bisa berbicara. Kalau teman seusianya sudah mulai bicara, si kecil pasti belajar bicara sedikit-sedikit dari mereka.
Berbicara dengan si Kecil
Karena jarang diajak berkomunikasi, hal ini juga salah satu menjadi penghambat terutama jika kedua orangtuanya sibuk bekerja. Sempatkan diri Anda bersama si kecil setiap kali ada kesempatan dan ajaklah mereka untuk bicara tentang apa saja. Ini akan membantu mereka mengembangkan daya ingat dengan mengingat nama suatu benda.
Memberitahu Nama Semua Benda
Dengan memberitahu nama semua benda yang ada di sekitarnya, dapat membantu anak untuk mulai melafalkannya. Hal ini juga bisa membuat mereka mengembangkan daya ingat.
Dongeng Sebelum Tidur
Membacakan dongeng akan mengembangkan talenta mereka untuk bisa bicara. Jika Anda lakukan terus menerus, si kecil akan penasaran dan mencoba menirukan Anda.
Nyanyikan Lagu dengan Rima
Cobalah untuk menyanyikan sebuah lagu beberapa sajak dengan rima yang sama. Ini akan membuatnya mencoba meniru nyanyian Anda
Meminta Mereka Mengulangi
Ucapkan kata-kata sederhana lalu minta anak untuk mengulangi apa yang Anda katakan. Hal ini pun bisa membuat anak lebih lancar bicara. Mengulang sebuah kata berkali-kali akan membuat mereka mengingat apa yang Anda ucapkan dan mereka lebih mudah jika disuruh mengucapkannya kembali.
Sewaktu kecil, mereka belum tahu apa-apa. Karena itu, jangan panik jika mereka terlambat berbicara. Anak cepat belajar dari orangtuanya. Setiap tindakan ataupun kata-kata. Karena itu, yang perlu Anda lakukan adalah terus berusaha.
Sumber : vemale.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami