Fakta Banyak Duduk yang Dapat Memperpendek Umur

Info Sehat / 28 September 2014

Kalangan Sendiri

Fakta Banyak Duduk yang Dapat Memperpendek Umur

Lois Official Writer
4405
Apakah selama ini pekerjaan Anda menuntut Anda untuk terus duduk? Sesampainya di rumah pun Anda duduk menonton televisi dan malas bangkit dari kursi empuk Anda? Mungkin inilah saatnya Anda harus memikirkan ulang kebiasaan buruk tersebut.

Penelitian sebelumnya pernah mengemukakan bahwa terlalu banyak duduk akan memicu diabetes, jantung, dan sejumlah penyakit mematikan lainnya. Kini studi terbaru yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine mengungkapkan bahwa terlalu banyak duduk dapat memperpendek umur setidaknya mempercepat penuaan dini.

Sejumlah peneliti asal Swedia mengambil sampel pada sekumpulan orangtua berusia 68 tahun yang mengalami masalah kelebihan berat badan yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok yang pertama disarankan berolahraga dan mengurangi duduk, sedangkan kelompok lainnya diminta mengurangi berat badan tanpa diberi saran spesifik.
Hasilnya didapat setelah mereka didata dengan lengkap dan dilihat aktivitasnya secara detail. Mereka yang lebih sedikit duduk mengalami peremajaan sel. Secara fisik mereka menjadi lebih muda. Hal sebaliknya terjadi pada orang yang sering duduk, sel mereka memendek dan fisik menjadi lebih tua.

Fakta yang lebih menakjubkan lagi, meski orang yang banyak duduk ini lebih banyak berolahraga daripada mereka yang mengurangi duduk, mereka tetap mengalami penuaan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa berdiri dapat meningkatkan kesehatan dan memperpanjang umur.
Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami