6 Hal yang Bikin Aktivitas Kantor Menyehatkan
Sumber: Blogspot.com

Career / 15 September 2014

Kalangan Sendiri

6 Hal yang Bikin Aktivitas Kantor Menyehatkan

Lois Official Writer
3107

Bekerja di kantor yang kebanyakan duduk setiap hari dan menatap layar komputer berjam-jam tentu tidak menyehatkan untuk tubuh. Selain mata kering, tubuh juga terasa penat. Untuk itu, ada enam hal yang bisa kita lakukan agar aktivitas kantor bisa menyehatkan, yaitu :

Duduk Dekat Jendela

Bekerja di kantor yang tertutup dan jauh dari jendela bisa memangka jam tidur sebanyak 46 menit. Kehilangan empat jam waktu tidur selama seminggu atau 48 jam per bulan atau 600 jam per tahun berarti kesehatan tubuh pasti terganggu. Jika memang bekerja di ruangan yang tertutup, cobalah untuk mendapatkan cahaya matahari saat makan siang.

Istirahatkan Mata

Istirahatkan mata selama beberapa menit sekali misalnya saja 10 menit dalam setiap 1 jam dengan memusatkan perhatian pada satu hal dalam jarak pandang yang jauh. Hindari juga posisi duduk yang dekat dengan pendingin ruangan.

Bangun dan Berdirilah

Dampak jangka pendek duduk terlalu lama yaitu otot yang kaku dan tegang. Namun dampak jangka panjangnya yaitu penyakit jantung dan diabetes. Karena itu, cobalah untuk bangun dari tempat duduk dan jalan kaki meski hanya untuk pergi ke toilet atau mengambil air minum.

Cari Tempat Tenang untuk Berpikir

Psikolog dari Cornell University Gary Evans dan Dana Johnson meneliti para pekerja kantoran yang bekerja dalam suasana ribut selama tiga jam, mereka menemukan adanya peningkatan hormon stress adrenalin dalam darah para pekerja kantoran tersebut. Jadi jika terlalu ribut, carilah tempat yang tenang untuk berpikir ataupun mengistirahatkan tubuh selama beberapa waktu.

Hargai Privasi Anda

Saat Anda ingin sendirian, Anda perlu memperhatikannya. Meskipun Anda bekerja satu ruangan dengan beberapa orang namun Anda bisa tetap mendapatkan privasi Anda. Hargai hal tersebut sehingga Anda lebih bahagia dan pekerjaan pun lebih efisien.

Letakkan Tanaman

Seorang hortikulturis Tina Cade dari Texas University menyatakan bahwa tanaman dalam kantor bisa membuat pegawai lebih bahagia. Tanaman ini menyerap polusi berbahaya yang ada dalam ruangan seperti partikel cari, logam, tanah, dan debu yang masuk ke dalam tenggorakan hingga ke paru-paru. Jelas tanaman membuat kita tidak menghirup itu semua dan kitapun jadi lebih sehat.

Kantor adalah tempat terlama kita menghabiskan waktu selama sehari, jadi kesehatan tubuh pun sangat bergantung pada apa yang kita alami di kantor. Karena itu, jika ingin lebih sehat, Anda pun bisa menyiasatinya seperti cara-cara di atas. Selamat mencoba

 

Anda juga perlu baca yang ini :

5 Cara Ajari Anak Minta Maaf

Yang Perlu Diperhatikan Suami Istri Saat Minta Maaf

Tidur Pakai Bra, 4 Hal Bahaya Ini Perlu Diperhatikan

4 Makanan yang Menyehatkan Payudara

Chord Lagu : Kuasa Darah-MU

Sumber : vemale.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami