Otak Dapat Picu Ketagihan Makanan Sehat?

Otak Dapat Picu Ketagihan Makanan Sehat?

Theresia Karo Karo Official Writer
4639

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Tufts University mengungkapkan bahwa otak dapat dilatih untuk memilih makanan sehat dibandingkan makanan berkalori tinggi. Penulis laporan Profesor Susan B. Roberts yang juga Ilmuwan nutrisi dan perilaku di universitas Boston menyampaikan, “Kita tidak mulai hidup ini dengan menyukai kentang goreng dan membenci pasta yang terbuat dari gandum. Kondisi seperti ini  terjadi setelah beberapa waktu sebagai tanggapan karena makan berulang kali makanan yang berkalori tinggi.”

Studi yang meneliti adiksi otak ini, melibatkan 13 orang pria dan wanita yang sangat kelebihan berat badan. Selanjutnya, mereka dibagi dalam dua kelompok. Delapan orang mengikuti program khusus pengurangan berat badan. Sedangkan lima orang lainnya tidak ambil bagian.

Program pengurangan berat badan ini fokus pada perubahan prefensi makanan. Dari jenis makanan yang biasanya disukai, diganti dengan menu makanan yang kaya serat, protein serta rendah karbohidrat. Diet ini tidak membuat peserta kelaparan, karena bila itu yang terjadi seseorang cenderung akan melihat makanan yang tidak sehat menjadi menarik.

Sebelumnya, otak dipindai menggunakan MRI dan setelah enam bulan otak akan kembali dipindai. Pemeriksaan ini menunjukkan adanya perubahan dalam pusat reward di otak mereka. Pada saat peserta ditunjukkan berbagai jenis gambar, otak akan beraksi positif pada makanan sehat dan rendah kalori.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrition & Diabetes ini menyimpulkan bahwa hal ini adalah indikasi adanya peningkatan penghargaan dan kenikmatan terhadap makanan sehat. Perubahan pada pusat otak bagian reward menujukkan penurunan kepekaan terhadap makanan yang tidak sehat dan tinggi kalori.

 

Baca Juga:

Karunia Waktu

Kenali Pihak Ketiga Dalam Pernikahan

Kartu Kredit, Gaya Hidup Atau Kebutuhan?

5 Alasan Kenapa Apel Termasuk Menu Sarapan Sehat

"For KING and COUNTRY" Temukan Iman dalam Pertempuran

Sumber : BBC/Tabloidnova.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami