7 Cara Tingkatkan Sistem Imun Saat Cuaca Ekstrim
Sumber: Tipsmu-tipsku.com

Solusi Sehat / 10 September 2014

Kalangan Sendiri

7 Cara Tingkatkan Sistem Imun Saat Cuaca Ekstrim

Lori Official Writer
6222

Perubahan cuaca yang ekstrim sangat berdampak pada kesehatan tubuh dan penurunan sistem imun. Saat kondisi cuaca seperti ini, bakteri dan virus berkembang biak dengan cepat sehingga mengakibatkan beragam penyakit seperti flu, pilek, batuk, demam dan gangguan saluran pernapasan dan pencernaan.

 

Agar tidak mudah terserang beragam penyakit ini, Anda perlu meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) dengan 7 cara ini.

 

#1 Konsumsi makanan bernutrisi

 

Mengkonsumsi nutrisi dan mineral yang cukup dan menghindari makanan berlemak dan tinggi kalori akan meningkatkan sistem imun. Sebagai gantinya, banyaklah mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan yang mengandung beta-carotene, vitamin C, vitamin E, zinc dan selenium. Misalnya, sup ayam, yogurt, madu, cabe, jamur dan ubi-ubian.

 

#2 Cuci tangan dengan bersih

 

hal yang paling penting agar terhindar dari serangan penyakit adalah tetap mencuci tangan. Virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui tangan, hidung dan mulut. Jadi, jangan anggap sepele dengan mencuci tangan sebelum makan, minum atau menyentuh wajah. Perhatikan juga kebersihan benda-benda yang bersentuhan dengan tangan Anda.

 

#3 Pakai pengaman

 

Jika Anda bersin atau batuk, cobalah menggunakan tissue atau sapu tangan. Hindari penggunaan tangan, jika tak ingin menyebarkan virus dan bakteri kepada orang lain disekitar Anda. Bagi Anda yang kerap bepergian dengan transfortasi umum, gunakanlah masker untuk mencegah penyebaran virus melalui udara.

 

#4 Hindari stress

 

Stress sangat berdampak buruk kepada sistem imun. Ketika stress, kemampuan sistem imun tubuh untuk menghasilkan antigen atau zat yang dapat merangsang respon imun penghasil antibodi menjadi berkurang.

 

#5 Tidur yang cukup

 

Dengan memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya, Anda dapat mengurangi resiko stress, penyebab menurunnya sistem imun. Tidurlah 7-8 jam setiap hari secara teratur demi meningkatkan moodAnda.

 

#6 Olahraga   

 

Olahraga tak hanya penting untuk mengencangkan otot-otot Anda. Olahraga justru sangat berperan besar dalam meningkatkan sel-sel darah putih yang berfungsi sebagai penangkal penyakit. Joging atau senam selama 30 menit setiap harinya menjadi pilihan olahraga yang mudah untuk dilakukan.

 

#7 Minum air secukupnya

 

Air putih sangat berperan besar untuk menangkal beragam penyakit dari dalam tubuh. Air bekerja mengeluarkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh melalui urin yang kita keluarkan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa meminum air putih minimal dua liter sehari dapat meningkatkan 30 persen sistem metabolisme tubuh.

 

Cara hidup sehat menjadi kunci agar tubuh mampu menangkal beragam serangan penyakit yang berasal dari bakteri dan virus yang menyebar baik lewat makanan, benda, udara atau lingkungan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Si Buah Merah Yang Kaya Manfaat

 

5 Jenis Seafood yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

 

Mewaspadai 4 Penyebab Anoreksia Seksual

 

6 Kebiasaan Simple Ampuh Usir Migran

 

Yuk, Terapkan Tips Sehat Konsumsi Mie Instan Ini!

Sumber : Gogirl Magazine /jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami