Ini Sebabnya Bergaji Tinggi Tapi Tak Juga Kaya
Sumber: republika.co.id

Entrepreneurship / 5 September 2014

Kalangan Sendiri

Ini Sebabnya Bergaji Tinggi Tapi Tak Juga Kaya

Lois Official Writer
5190

Secara logika, seseorang yang bergaji besar bisa menuai kekayaan. Namun pada kenyataannya, banyak orang yang bergaji besar namun tetap tidak mempunyai kekayaan karena semua uangnya habis digunakan. Bukannya memiliki banyak uang, terkadang sampai harus mengirit karena tak mampu mengelola uang dengan baik. Apa sebabnya?

Menabung Terlalu Sedikit

Pada dasarnya, untuk urusan menabung manusia terbagi dari dua hal. Yang pertama, manusia menabung gajinya sebesar 20 persen lebih dahulu baru selebihnya digunakan untuk biaya keperluan. Yang kedua, manusia menabung setelah ada sisa. Biasanya, seseorang yang bergaji besar namun tak punya kekayaan disebabkan karena dia menabung setelah ada sisa. Masalahnya, manusia selalu punya keinginan ataupun kebutuhan yang ingin dipenuhi. Kalau tidak ditabung lebih dahulu, maka uang itu akan habis juga.

Tidak Bisa Membedakan Kebutuhan dengan Keinginan

Salah satu penyebab utama manusia sulit mempunyai simpanan karena tak mampu membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Seseorang yang bergaji tinggi ini dengan mudahnya membelanjakan uangnya untuk sesuatu hal yang tidak terlalu penting. Cobalah untuk membiasakan diri berbelanja sesuai kebutuhan.

Melupakan Dana Pensiun

Suatu hari nanti, kita sudah tidak bekerja, pernah berpikir apa yang akan kita makan dan dari mana semua biaya lainnya? Tidak mungkin kita bekerja sampai tua dan meninggal ataupun mengandalkan anak untuk menghidupi kita. Kebanyakan manusia tidak memikirkan hal ini. Karena itu, cobalah mulai menyisihkan uang sedari dini agar di masa tua Anda bisa tetap hidup tenang.

Ketiga hal di atas adalah tiga kejadian yang paling banyak dilakukan manusia meskipun dia mempunyai gaji yang besar sekalipun. Jika tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi akan mulai memikirkan masa depan Anda, karena semuanya itu ada di tangan kita masing-masing.

 

Baca juga :

Chord Lagu Milik Hillsong : Calvary

5 Makanan Untuk Kulit Sehat

3 Fase Dalam Pernikahan

4 Pola Hidup yang Datangkan Kekayaan

Sumber : liputan6.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami