Cara Mengatasi 10 Racun di Sekitar Kita

Solusi Sehat / 5 September 2014

Kalangan Sendiri

Cara Mengatasi 10 Racun di Sekitar Kita

Lois Official Writer
6494

Sadarkah Anda bahwa di sekeliling kita ada racun-racun yang bertebaran? Hal itu tentu tidak sehat buat kesehatan kita di masa depan. Racun yang masuk ke tubuh kita akan membuat kita rentan sakit. Untuk itu, kita perlu mewaspadai racun apa saja dan bagaimana cara mengatasinya

Aluminium

Mengakibatkan : penyakit Alzheimer

Solusi : kurangi konsumsi obat maag, baking powder, keju proses, dan garam meja. Hindar pula antiperspirant yang mengandung aluminium.

Kadmium

Mengakibatkan : pembengkakan jantung, hipertensi, dan mengganggu fungsi ginjal.

Solusi : kurangi konsumsi lobster, kepiting dan tiram karena mereka menyerap virus, limbah, dan sejumlah besar cadmium. Kadmium juga ditemukan pada persediaan air yang memakai pipa berlapis seng.

Karbonmonoksida

Mengakibatkan : rusaknya lapisan pembuluh darah dan meningkatkan endapan lemak pada pembuluh darah sehingga meningkatkan resiko serangan jantung.

Solusi : Hindari asap kendaraan, pakailah masker untuk menghindarinya.

Merkuri

Mengakibatkan : sel kekebalan tubuh menentang tubuh kita sendiri sehingga menderita penyakit seperti arthritis, tiroiditis, multiple sklerosis, dan lupus.

Solusi : kurangi konsumsi seafood

Nikotin

Mengakibatkan : rusak paru-paru, khususnya perokok pasif (tidak merokok tapi mencium asap dari si perokok), selain permasalahan kesehatan lainnya.

Solusi : hindari perokok aktif. Jika Anda seorang perokok aktif, ingatlah akan masa depan Anda dan keluarga yang Anda punyai.

Pestisida

Mengakibatkan : kanker, mutasi, bayi lahir cacat, dan penyakit berbahaya lainnya.

Solusi : disarankan untuk membeli daging, buah-buahan, dan sayuran organik.

Phthalates

Mengakibatkan : kerusakan reproduksi, kerusakan organ, melemahkan sistem kekebalan tubuh, gangguan endokrin, dan kanker.

Solusi : Hindari penggunaan produk yang memakai racun ini seperti plastik elastis, penyegar ruangan, shampoo, dan hair spray

Timah

Mengakibatkan : terganggunya fungsi otak dan sistem saraf serta melumpuhkan zinc, tembaga, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Solusi : timah dijumpai hampir di setiap makanan, khususnya dari tanaman yang berasal di dekat daerah industri atau dekat jalan raya yang ramai. Selain itu juga dikeluarkan knalpot dan diserap tanaman dan binatang. Hindari berolahraga di jalanan berpolusi dan hindari makanan dalam kemasan.

Timbal

Mengakibatkan : aktivitas enzim terhambat, memperpendek umur sel darah merah, menurunkan jumlah sel darah merah (anemia), menyebabkan kerusakan otak, dapat menyebabkan keguguran, tidak berkembangnya sel otak embrio, kematian janin waktu lahir, gangguan fungsi tiroid, bahkan dalam tingkat tinggi dapat menyebabkan penurunan kualitas otak manusia.

Solusi : hindari cat, baterai, campuran bahan bakar bensin tetraetil, pipa air yang tahan korosi, dan semua benda-benda yang ada biji logamnya.

Volatile Organic Compound (VOC)

Mengakibatkan : Kerusakan mata, sakit kepala, kehilangan koordinasi, mulai, kerusakan pada hati, ginjal dan sistem saraf pusat serta menyebabkan iritasi hidung dan tenggorokan.

Solusi : hindari cat baru sebisa mungkin, kurangi pemakaian hairspray dan lilin beraroma.

Selain kesepuluh racun di atas, manusia juga banyak menggunakan barang-barang lainnya yang beracun. Menurut yang dilansir femina.co.id, ada ratusan racun yang dapat mengganggu kesehatan manusia. Itu sebabnya, kita harus sangat berhati-hati. Tetaplah usahakan untuk sealami mungkin.

 

Baca juga :

Chord Lagu Milik Hillsong : Calvary

5 Makanan Untuk Kulit Sehat

3 Fase Dalam Pernikahan

4 Pola Hidup yang Datangkan Kekayaan

Sumber : femina.co.id-wikipedia.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami