Ternyata Charms Untuk Loom Band yang Kadar Racunnya Tinggi

Ternyata Charms Untuk Loom Band yang Kadar Racunnya Tinggi

Lois Official Writer
5825

Mainan anak-anak yang saat ini sedang trend, loom band diisukan mengandung zat bahaya yang dapat menyebabkan kanker. Loom Band yang merupakan gelang tersebut diperkirakan mengandung racun phthalates. Dilansir dari detik.com, Inggris sendiri telah menarik charms atau aksesoris untuk loom band karena mengandung racun dan tidak loom bandnya sendiri.

Phthalates sendiri merupakan senyawa yang dipakai di industri untuk membuat plastik lebih elastis. Uni Eropa menetapkan batas aman phthalate sebesar 0.1 persen. Namun, ternyata temuan pada charms gelang warna-warni loom band mencapai 40 persen.

Menurut Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi mengatakan bahwa setiap mainan yang boleh dijual harus mainan yang sudah menampilkan logo Standar Nasional Indonesia (SNI) pada kemasannya. “SNI itu wajib. Mau mainan lokal atau impor semuanya wajib mencantumkan logo SNI,” tutur Tulus.

Selain pada charms, senyawa phthalates juga dapat ditemukan di karpet dan produk-produk rumah tangga. Senyawa yang sama juga dipakai dalam produk kosmetik seperti cat kuku, shampoo, dan hair spray. Jadi jika benda atau barang apapun termasuk charms ataupun loom band tidak mempunyai SNI, maka sebaiknya berhati-hatilah. Pastikan semua benda punya SNI.

 

Baca juga :

Chord Lagu Milik Hillsong : Calvary

5 Makanan Untuk Kulit Sehat

3 Fase Dalam Pernikahan

4 Pola Hidup yang Datangkan Kekayaan

Sumber : detik.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami