6 Mitos Stres Yang Sering Disalah Artikan
Sumber: Blogspot.com

Psikologi / 28 August 2014

Kalangan Sendiri

6 Mitos Stres Yang Sering Disalah Artikan

Theresia Karo Karo Official Writer
4562

Stres, kata yang satu ini terkadang menjadi momok yang menakutkan karena stres bisa datang kapan saja. Apalagi saat seseorang mengalami musibah, atau diterpa masalah yang berat. Tetapi tahukah anda? Bila mengerti bagaimana mengendalikannya maka kehidupan akan semakin mudah. Menurut American Psychological Association, terdapat enam mitos yang salah mengenai konsepsi stres. Berikut informasi yang benar yang menyangkut stres:

Semua Orang Sama Kadarnya

Kenyataannya, stres tidak sama bagi setiap orang. Hal ini karena masing-masing individu punya masalah yang berbeda dan feedback terhadap stres juga berbeda. Kalau ingin mengontrol stress yang perlu anda lakukan adalah cermati apa yang menjadi pemicunya dan temukan cara untuk mengatasinya, karena setiap orang berbeda.

Strategi Terbaik, Yang Sering Disarankan

Jangan memaksa diri pada pendapat orang lain. Setiap orang punya cara tersendiri untuk menghadapi stres. Tidak ada manajemen stres yang sama persis untuk setiap orang.

Stres Berarti Negatif

Stress itu buruk! Tenang, tidak selamanya seperti itu. Karena dalam beberapa keadaan stress justru menjadi pendorong yang memotivasi anda untuk bertahan dalam kehidupan.

Stres Bermukim di Segala Aspek

Dia ada di mana-mana. Memang tidak dipungkuri banyak hal yang berpeluang menimbulkan stres. Tapi kembali lagi, semua bergantung pada diri sendiri. Bagaimana anda melewatinya? Apakah stres akan berpengaruh dalam seluruh aspek kehidupan? Apakah anda yang berhasil mengontrol stres atau justru stres yang mengontrol anda? 

Tak Ada Gejala Sama Dengan Tidak Stres?

Stres yang parah berdampak pada tubuh dan pikiran yang lelah. Tubuh juga merasakan imbasnya. Seperti pusing, hilang semangat, dan mudah lupa. Kedatangan stres mungkin tidak menunjukkan gejala di awalnya. Tetapi bila diabaikan, justru semakin memperburuk keadaan. Penting bagi anda untuk memberikan waktu dan menghibur diri. Lakukan apa yang disenangi dan yang membuat anda merasa senang.

Hanya Stres Berat Yang Perlu Penanganan

Sebenarnya, sekecil apapun stres yang dihadapi, harus segera ditangani. Anggapan sepele, mendiamkan, dan memendamnya bisa menjadi “bom waktu” yang membuat hidup semakin menderita.

Ada banyak cara yang dapat membantu meringankan beban anda. Bisa dengan berdoa, bercerita atau curhat ke orang lain, hingga menemui psikolog untuk mendapat jalan keluar. Selain itu, jangan lupakan bahwa manusia adalah mahluk sosial. Jangan sungkan untuk berinteraksi dengan orang lain. Berbicaralah kepada seseorang yang dapat membantu meringankan beban dan mengurangi stres. Entah itu keluarga, saudara, teman atau pasangan. Dukungan dari orang yang anda cintai akan membuat anda lebih kuat menghadapi cobaan, jadi jangan takut untuk bercerita.

 

Baca Juga:

Merdeka Untuk Bermimpi

Festival Danau Toba Digelar Lima Hari

Joseph "Joger" Sukses dengan Happines Oriented

Siapkah Anda Mendulang Uang dari Youtube?

Bagaimana Hadapi Mertua Yang Lewati Batas

Bukan Hanya Cantik, Suntik Botox Berperan dalam Perawatan Kanker?

 

Sumber : Tanyadok/Vemale.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami