Ketum PGI: Pemimpin Baru PGI Harus Paham Sejarah Gereja
Sumber: Jawaban.com | Daniel Tanamal

Internasional / 25 August 2014

Kalangan Sendiri

Ketum PGI: Pemimpin Baru PGI Harus Paham Sejarah Gereja

Lori Official Writer
2117

Di akhir masa jabatannya sebagai Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Pdt. Dr. A.A. Yewangoe menyampaikan pesan penting terkait pengganti barunya yang terpilih nanti. Ia berharap agar Ketua PGI nanti agar mengerti sejarah gereja-gereja  mengingat banyaknya anggota sinode PGI.

Dengan mengerti sejarah sinode gereja akan mempermudah PGI dalam menjaga warna oikumene yang terdiri dari 88 anggota sinode dengan aliran yang berbeda-beda. Selain itu, Ketua Umum juga harus mengerti sejarah kekristenan agar dari sejarah itu dapat menimba pengalaman sehingga tak terjerumus dalam persoalan yang sama.

Yewangoe yang juga rektor termuda di STT Kupang itu bahkan tak lupa memberi pesan agar Ketum PGI nanti dapat menjaga independensi dalam hal berhubungan dengan pemerintah. Dalam hal ini, PGI diminta untuk tetap ambil bagian dalam mengawasi pemerintahan.

“Harus tak segan bersuara ketika pemerintah sudah melenceng dari apa yang diinginkan masyarakat,” tandas Yewangoe, seperti dilansir dari laman resmi Pgi.or.id, Senin (25/8).

Yewangoe juga tak lupa berbagi pengalaman tentang bagaimana PGI mampu memupuk hubungan yang hangat antar anggota-anggota sinode. Ketua Umum yang baru diharap dapat mengikuti metode yang dilakukannya selama dua periode kepemimpinannya, yakni dengan kunjungan langsung ke tiap anggota.

Untuk diketahui, PGI akan menggelar Sidang Raya XVI PGI yang akan telah dijadwalkan pada 10 November 2014 di Nias, Sumatera Utara. Momen SR XVI PGI itu tepatnya menjadi masa akhir jabatan Yewangoe sebagai Ketua Umum PGI dan akan digantikan dengan Ketua Umum PGI  baru.

Siapapun yang akan terpilih menggantikan Yawengoe kiranya akan membawa transformasi baru bagi gereja-gereja Indonesia.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Doa Yabes

Menghukum Sang Predator Seksual Bukan Solusi

Paus Fransiskus Berduka Atas Kebrutalan ISIS di Irak

Wah, Film Nabi Nuh Bakal Hadir Dalam Versi Hewan

Rainny: Saya Kecewa Anak Saya Down Syndrome

Sumber : Pgi.or.id/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami