Lori Mora

Official Writer
4640


Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi terutama bagi kalangan pekerja professional. Dengan kehadiran beragam jenis kopi, membuat para penikmat kopi pun mendapat beragam manfaat dari kandungannya.

Berdasarkan penelitian oleh ilmuwan dari Universitas Harvard, meminum satu hingga empat gelas kopi sehari dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kopi juga sangat bermanfaat bagi kondisi psikologi seseorang, demikian seperti uraian berikut ini.

Meningkatkan kebahagiaan

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute of Health menemukan bahwa mereka yang minum empat cangkir atau lebih kopi setiap hari 10 % akan lebih kecil kemungkinan mengalami depresi dibanding dengan mereka yang tidak sama sekali mengkonsumsi kopi. Hal ini terjadi karena antioksidan yang terkandung di dalam kopi.

 

Meningkatkan kecerdasan otak

Penikmat kopi umumnya akan menyedu kopi untuk menemani malamnya dengan segudang pekerjaan atau agar membuat mata terjaga. Tak hanya itu, kopi ternyata juga ampuh untuk membuat otak lebih cerdas. Kopi memungkinkan otak untuk bekerja dengan cara yang jauh lebih efisien dan lebih cerdas. "Saat Anda kurang tidur dan Anda menyeduh kopi, maka hal itu akan cukup besar meningkatkan waktu, reaksi, kewaspadaan, perhatian, penalaran logis, sebagai bagian dari kaitannya dengan kecerdasan," kata reporter Time, Michael Lemonick.

 

Mengatasi perubahan suasana hati

Minum kopi setidaknya segelas per hari secara teratur sesuai dengan porsi dapat memaksimalkan kerja otak. Zat kafein di dalam kopi berfungsi untuk meningkatkan laju metabolisme, kemampuan berkonsentrasi hingga mampu mengatasi perubahan suasana hati hingga depresi. 

 

Meningkatkan semangat kerja dan olahraga

Meminum kopi sebelum melakukan aktivitas bekerja dan berolahraga dapat merangsang dan melepaskan hormon endorphin yang diproduksi oleh kelenjar pituitary ketika manusia merasakan bahagia lewat tertawa. Dengan itu, kita akan lebih bersemangat dalam bekerja atau berpikir. Bahkan bagi para atlet, meminum kopi sebelum latihan akan sangat baik bagi peningkatan semangat.

Meski mengkonsumsi kopi itu berguna untuk kesehatan, namun Anda perlu memperhatikan pola konsumsi sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, sebab meminum kopi secara berlebihan akan mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung, tekanan darah, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan kesehatan lainnya.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Alasan Vatikan Jadikan Korsel Masa Depan Gereja Katolik

Video Kesaksian Yang Ditonton Lebih Dari 1 Juta Orang

Berkat Tak Terduga Atas Hidup Obed-Edom

Jeratan Narkoba Hancurkan Hidup Hendy Yefta

13 Tanda Dia Ingin Anda Jadi Teman Hidupnya (2)

Sumber : Huffingtonpost.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3