Nyanyian Rohani untuk Mengajar(MEMILIH NYANYIAN YANG TEPAT UNTUK ANAK-ANAK)
Sumber: google

Pelayanan Anak / 12 August 2014

Kalangan Sendiri

Nyanyian Rohani untuk Mengajar(MEMILIH NYANYIAN YANG TEPAT UNTUK ANAK-ANAK)

Hevi Teri Official Writer
2045

 

Memilih nyanyian yang mudah dimengerti oleh anak-anak untuk diajarkan dalam PAK di SM dan di SD sangat mutlak. Anak-anak kecil tentu memerlukan nyanyian yang lebih khusus. Namun di samping nyanyian yang khusus untuk anak, ada juga baiknya mengajar mereka menyanyikan nyanyian gereja yang dapat menjadi milik mereka seumur hidup. Ada banyak nyanyian rohani yang lagunya mudah diingat oleh anak-anak, walaupun kata-katanya agak sukar untuk dihafalkan. Dan masih ada banyak nyanyian gereja yang sangat cocok dan dapat dimengerti oleh anak-anak.

Tentu banyak nyanyian lain yang dapat dipilih dari buku nyanyian gereja di masing-masing daerah. Guru dapat mencari sendiri yang cocok dalam buku nyanyian yang biasa dipakai. Perlu juga diperhatikan, bahwa tidak semua bait cocok untuk anak-anak. Kadang- kadang seluruh nyanyian dapat dipakai, tetapi sering terjadi, bahwa hanya satu dua bait yang kata-katanya dapat dimengerti oleh anak- anak. Guru juga harus menentukan nyanyian mana yang cocok untuk anak kecil dan mana yang cocok untuk anak besar. Umumnya nyanyian gereja lebih cocok untuk anak-anak besar, tetapi ada juga beberapa yang baik sekali untuk anak kecil.

Perlu diperhatikan beberapa syarat untuk memilih nyanyian rohani agar dapat memenuhi fungsinya dalam mengajar. Nyanyian yang memenuhi syarat harus mempunyai :

- Pesan yang sesuai dengan pelajaran yang disampaikan pada pertemuan itu.

- Kata-kata dan pesan yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

- Lagu yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah untuk suara anak-anak.

- Lagu yang cukup sederhana sehingga dapat dinyanyikan dengan benar oleh anak-anak.

- Bahasa dan musik yang memenuhi persyaratan bahasa dan musik yang bermutu tinggi.

- Lagu yang tidak terlalu panjang.

 

 

Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen(PEPAK)  >>>>

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami