9 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bisa Bikin Kaya (2/2)
Sumber: Kompas.com

Entrepreneurship / 8 August 2014

Kalangan Sendiri

9 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bisa Bikin Kaya (2/2)

Lois Official Writer
5026

Setelah mengetahui empat kebiasaan Indonesia di atas, apakah Anda melakukan suatu perubahan untuk mewujudkan hal tersebut? Berikut ini ada beberapa hal lainnya yang bisa Anda ambil sebagai hal yang dapat membuat Anda kaya. Percaya atau tidak, berikut lima kebiasaan orang Indonesia lainnya yang dapat membuat Anda kaya :

Mentraktir

Di luar negeri, di dalam merayakan sesuatu dan ingin mengundang teman-teman untuk makan bersama, maka tidak perlu kuatir harus mengeluarkan uang. Orang Belanda dan Jepang contohnya, punya tradisi bayar sendiri untuk apa yang mereka makan meskipun dalam perayaan. Kalau di Indonesia justru kebalikannya. Kalau mengundang berarti harus membayar yang diundang.

Menurut Li-Ka Shing, orang terkaya di Asia, kebiasaan menjamu orang akan mempermulus jalan keberhasilan. Dia bahkan dengan tegas mengatakan bahwa kita harus menyisihkan uang untuk menjamu mereka yang lebih kaya. Menurut Billy Boen, pengusaha muda asal Indonesia, menjamu orang juga akan memperluas jaringan. Dengan selalu berusaha menjadi orang yang ‘lebih’ kita juga akan mendapatkan hal yang lebih. Lagipula, Alkitab katakan, lebih baik memberi daripada menerima. Ditambah lagi, dengan memberkati, kita akan diberkati lebih lagi.

Ajakan ala ‘Ndak Edan’

Kata-kata ndak edan ini datang dari Bahasa Jawa yang bisa diartikan dengan ‘nanti gila’. Celoteh ini kerap ditemui dalam percakapan masyarakat Jawa sehari-hari yang dikenal dengan sikapnya yang santai. Misalnya saja, “Mangan sek, ndak edan.” (makan dulu, nanti gila). “Turu sek, ndak edan.” (tidur dulu, nanti gila) ataupun ajakan lainnya.

Kebiasaan ini merupakan ajakan untuk melakukan sesuatu yang sederhana dan menghubungkannya dengan kegilaan menunjukkan pentingnya melakukan sesuatu agar keseimbangan terjaga sehingga tidak menjadi ‘gila’.

Emas dan Tanah

Tanah dan emas menjadi barang simpanan paling lazim bagi orang Indonesia. Jika punya uang sedikit, mereka mengumpulkan emas. Jika punya banyak uang, maka rumah yang jadi pilihan. Kepemilikan tanah dan perhiasan membuat seseorang merasa lebih aman.

Walau didasarkan pada kebiasaan, tapi menggunakan uang lebih untuk membeli tanah dan emas sebenarnya merupakan tindakan yang cerdik. Harga tanah dan emas yang stabil bahkan cenderung naik akan melipatgandakan nilai investasi dalam hitaungan tahun.

Menyimpan Uang di Rumah

Cuma orang Indonesia yang berani menyimpan uang dalam jumlah besar di rumah, bahkan tidak butuh deposit box dari baja. Ada beberapa tempat pilihan favorit pilihan masyarakat Indonesia seperti di bawah kasur ataupun di bawah baju di dalam lemari.

Hal ini memang riskan, karena keamanan yang kurang ditambah lagi tidak adanya bunga. Namun, ada yang merasa nyaman dengan hal ini sehingga bisa menabung. Lagipula, potongan administrasi bank juga cukup besar, meskipun berbunga. Belum lagi ada aturan saldo minimal.

Keprihatinan

Orang Indonesia kerap prihatin atas segala hal di sekitar mereka, sehingga akhirnya merekapun melakukan sesuatu. Bisa jadi, tiap bulan mengumpulkan uang Rp 1000 setiap karyawan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk diberikan pada panti asuhan. Dengan rasa prihatin, biasanya seseorang termotivasi untuk menyisihkan lalu kemudian diberikan pada yang membutuhkan.

Dampak baiknya buat diri sendiri adalah, kita jadi terbiasa menyisihkan sesuatu dan tidak membuat makanan mubazir. Contohnya saja, biasanya si A tiap hari selalu makan tidak habis lalu dibuang begitu saja. Suatu hari dia melihat makanan yang dia buang, diambil oleh seorang gelandangan. Rasa prihatinnya muncul. Pada akhirnya si A akan menyisihkan makanannya untuk gelandangan itu atau mungkin juga membeli makanan secukupnya dan uang disisihkannya untuk gelandangan tersebut.

Jadi apapun yang Anda lakukan di dalam kebiasaan-kebiasaan ini, ingatlah bahwa Anda bisa kaya dengan apa yang ada pada Anda. Bersyukurlah atas segala sesuatu, lakukan yang terbaik, dan percayalah apa yang Anda tabur, itu yang akan Anda tuai. Jadi berikan hasil yang terbaik pula.

 

Anda mungkin juga tertarik :

Trend Bossless Office, Kantor Tanpa Bos

9 Kebiasaan Orang Indonesia yang Buat Kaya (1/2)

Konsumsi Ini Jika Ingin Pendengaran Tajam

Atas Segala Sesuatu

7 Cara Lepas dari Hubungan yang Disertai Kekerasan

Sumber : hipwee.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami