6 Faktor Sepele Yang Ternyata Menurunkan Imunitas Tubuh

6 Faktor Sepele Yang Ternyata Menurunkan Imunitas Tubuh

Theresia Karo Karo Official Writer
7485

Ternyata bukan hanya pengaturan pola makan dan olahraga yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Apabila tubuh lemah, maka penyakit akan semakin mudah menyerang anda. Berikut enam hal yang ternyata berpengaruh melemahkan kekebalan tubuh:

Hidung Yang terlalu Bersih

Jangan salah, lendir yang ada di dalam hidung ternyata memiliki manfaat, yakni menangkap virus yang masuk melalui hidung. Jangan terlalu sering membersihkan hidung dan membiarkannya terlalu kering. Karena kuman akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Polusi Udara

Penelitian yang dilansir dari womenshealthmag.com menemukan pengaruh udara kotor dan polusi yang menekan sel-sel penting tubuh hingga menyebabkan peradangan. Untuk mengantisipasi hal ini, utamakan untuk selalu memakai masker untuk menutupi mulut dan hidung saat berada di luar ruangan.

Duduk Seharian

Hal ini yang paling sering dilakukan sebagian pekerja yang menghabiskan waktunya di depan layar komputer. Kebiasaan ini menyebabkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang menguatkan sistem imun menjadi lebih lambat. Sebaiknya anda mencoba untuk berjalan selama lima menit setiap 2 jam untuk meregangkan otot-otot sehingga meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Junk Food

Konsumsi makanan siap saji atau instant melemahkan sel T dan sel B yang berperan untuk mencegah penyakit. Penulis The Immune System Recovery Plan, Susan Blum, M.D mengungkapkan bahwa tepung terigu di sejumlah makanan panggang melemahkan sistem imun. Di samping itu konsumsi ini dapat menyebabkan obesitas dan  menyebabkan ketidakseimbangan hormon serta peradangan yang mengganggu kemampuan sistem kekebalan tubuh melawan infeksi. Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati, dengan memilih makanan sehat dan segar.

Kesepian

Ternyata terlalu banyak menghabiskan waktu seorang diri memiliki resiko stres lebih tinggi. Hal ini turut menyebabkan sistem imun melemah. Selain itu menyebabkan hormon yang tidak seimbang. Sediakanlah waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan tetap merasa nyaman. Tubuh yang sehat juga berasal dari jiwa yang sehat.

Konsumsi Makanan Yang Tidak Mengandung Lemak Baik

Lemak baik adalah lemak yang menyehatkan seperti lemak omega 3 dan omega 6 yang terdapat pada  ikan salmon, sarden, alpukat, dan kacang almond. Bahan makanan ini mengandung anti radang yang melancarkan sistem imun.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat jangan lupa juga dengan tidur yang cukup, meminum air putih untuk membuang racun dalam tubuh dan hindari terlalu banyak konsumsi makanan manis karena akan berpengaruh menurunkan kemampuan sel darah putih dalam membunuh bakteri. Kesehatan tubuh adalah hal utama yang harus anda jaga. Semoga artikel ini membantu anda dalam menerapkan pola hidup yang sehat.


Baca Juga:

7 Tips Detoksifikasi Tubuh Setelah Kalap Makan di Hari Raya

Bai Fangli, Tukang Becak Yang Menyekolahkan 300 Anak

Bagaimana Tanda-Tanda Pria Jatuh Cinta?

Butet Manurung Raih Penghargaan Nobel Versi Asia

Remain, Karya Royal Tailor Yang Berikan Warna Baru


Sumber : Merdeka/Vemale.com by tk

Ikuti Kami