Konsumsi Ini Jika Ingin Pendengaran Tajam

Gizi & Nutrisi / 3 August 2014

Konsumsi Ini Jika Ingin Pendengaran Tajam

Lois Official Writer
10081

Mendengarkan musik lewat headphone terlalu keras bisa memicu kemampuan pendengaran menurun. Pendengaran yang kurang baik bisa juga disebabkan oleh asupan nutrisi yang kurang untuk tulang telinga. Makanan yang tinggi akan vitamin D dapat mencegah pengapuran dalam telinga. Berikut ini makanan yang dapat dikonsumsi :

Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan untuk menyerap kalsium yang dibutuhkan untuk memiliki tulang yang kuat. Makanan yang kaya akan vitamin D yaitu cod liver oil, minyak ikan, salmon, tuna, makarel, hati, dan kuning telur.

Kombinasi Vitamin A,C,E dan Magnesium

Kombinasi vitamin ini bisa mencegah radikal bebas, terutama selama terkena paparan suara bising yang mengurangi sirkulasi darah dalam telinga. Vitamin A bisa didapat dari brokoli, bayam, wortel, labu, aprikot, hati, susu, mentega, keju, dan telur. Vitamin C juga dari brokoli, paprika hijau dan merah, kembang kol, kubis, lemon, nanas, stroberi, dan jeruk. Vitamin E ada pada sayuran daun hijau, magarin, dan minyak sayur.

Vitamin B12 atau cobalamine

Vitamin ini membantu meningkatkan pendengaran dengan mengatur pembentukan sel darah merah, bisa mencegah tinnitus atau kuping berdengung. Vitamin B12 ada pada produk susu, telur, daging tidak berlemak, dan kerang.

Asam Folat

Makanan kaya asam folat mengurangi produksi homocysteine yang menjadi penyebab hilangnya pendengaran sekaligus meningkatkan sirkulasi darah ke dalam telinga. Asam folat didapat dari hati sapi, bayam, asparagus, kacang polong, brokoli, alpukat, letus, kacang, jus tomat, telur, stroberi, pepaya, dan pisang.

Mineral

Zat ini membantu pembentukan jaringan saraf dan tulang. Mineral juga penting untuk fungsi otak dan saraf yang lebih normal. Kurangnya mineral pun bisa menyebabkan tinnitus. Mineral banyak dijumpai di apel, aprikot, alpukat, kacang, nanas, berry, kismis, seledri, kuning telur, dan pine nuts.

 

Baca juga :

Atas Segala Sesuatu

3 Sifat Anak yang Bisa Dicontoh Versi Yesus

Jangan Lagi Korek Kotoran Telinga Anda

Mau Bersihkan Telinga? Gunakan Cara Ini

Jalan Hidup Steve Jobs yang Mengubah Dunia

Sumber : detik.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami