Ini Makanan Pantangan Penderita Radang Amandel
Sumber: Wpcva.org

Gizi & Nutrisi / 29 July 2014

Kalangan Sendiri

Ini Makanan Pantangan Penderita Radang Amandel

Lori Official Writer
123899

Tanpa disadari, bertambah parahnya radang amandel disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur. Seperti halnya mengkonsumsi beragam makanan yang justru semakin memperburuk kondisi amandel yang menyebabkan gejala bengkak, nyeri tenggorokan, gatal, sakit telinga , demam dan menggigil.

Untuk itu, Anda perlu menghindari makanan dan minuman ini.

 

Makanan Asam

 

Makanan asam seperti buah jeruk, lemon, permen karet dan lainnya harus dihindari oleh penderita amandel karena kandungan asamnya dapat menyebabkan gatal saat sakit tenggorokan.

 

Makanan Pedas

 

Makanan pedas mungkin cukup menggiurkan selera, namun saat Anda sedang mengalami radang amandel jangan berharap dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai, cengkeh, lada, pala atau paprika. Sebab kandungan pedas itu hanya akan memperburuk kondisi amandel Anda.

 

Minuman dingin

 

Anda hanya akan memperparah kondisi amandel bila masih mengkonsumsi es krim. Sebab temperaturnya di bawha suhu tubuh manusia, sehingga memicu radang amandel yang semakin parah.

 

Bagi Anda penderita amandel, sebaiknya lebih memilih makanan dan minuman sehat di bawah ini, sekaligus dapat menjadi  treatment alami amandel Anda.

 

-Bubur. Bubur lebih mudah ditelan dibanding nasi biasa. Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah seperti cengkeh untuk menyembuhkan tonsilitis.

 

-Bayam. Sayur bayam bisa menyembuhkan infeksi tenggorokan. Jangan lupa tambahkan sedikit bubuk lada hitam. Selain lezat, sayur bayam juga dapat menyembuhkan tenggorokan yang gatal dan sakit.

 

-Kentang tumbuk. Ini adalah makanan yang efektif untuk menyembuhkan tonsilitis. Kentang tumbuk juga membuat kenyang lebih lama.

 

-Jahe. Anda dapat membuat minuman jahe hangat dan menambahkan beberapa tetes madu untuk menyembuhkan amandel.

 

-Madu. Anda dapat membuat minuman madu hangat atau mencampurnya dengan bubuk lada hitam untuk menyembuhkan amandel.

 

-Lemon dan madu. Ambil segelas air (kondisi suam-suam kuku), tambahkan beberapa tetes madu dan perasan jeruk nipis. Aduk rata dan minum.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Meresponi Ujian Hidup

 

Eka Budianta, Ungkapkan Kecintaan Akan Ciptaan Tuhan Lewat Tulisan

 

Amandel Turunkan Kualitas Kecerdasan Anak

 

Umat Muslim dan Kristen Palestina Rayakan Idul Fitri di Gereja

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami