5 Langkah Jitu Hadapi Kegagalan Dalam Karir

Career / 23 July 2014

Kalangan Sendiri

5 Langkah Jitu Hadapi Kegagalan Dalam Karir

Lori Official Writer
5602

Sebagian dari kita tahu bahwa kegagalan adalah salah satu realita hidup, dimana saat berada di posisi itu, kita memahami bahwa kegagalan tersebut benar-benar membantu kita semakin bertumbuh. Realitanya, banyak orang sukses dan berprestasi tak terlepas dari kegagalan.

 

Meski begitu, secara jujur Anda memang akan merasa kesal bila harus menerima kegagalan. Tak sedikit yang akhirnya takut mencoba kembali karena emosi terlalu menguasai pikiran bila harus menerima kegagalan lagi. Saat Anda menghadapi situasi seperti gagal dalam wawancara kerja atau mengalami kerugian dalam proyek kerja, bukan berarti Anda harus berontak atau diam saja mengurung diri di kamar Anda bukan?

 

Dengan itu Anda harus menyikapi kegagalan itu dengan lima berikut, seperti dikutip dari Forbes.com:

 

Jangan menyebut diri sebagai pribadi gagal

 

Jangan menjadikan kegagalan sebagai identitas diri Anda. Bukan berarti Anda sebagai pribadi yang gagal hanya karena belum menemukan cara yang tepat untuk menghantarkan Anda kepada kesuksesan yang Anda harapkan. Jauhkan pikiran negatif Anda dari kegagalan yang Anda hadapi itu. Belajarlah dari Abraham Lincoln yang pernah mengalami sederet kegagalan seperti gagal dalam bisnis, gagal terpilih sebagai dalam pemilihan legislatif, kehilangan tunangan, gagal menjadi wakil Presiden dan sebagainya. Namun dirinya sukses menghadapi kegagalan itu hingga mencapai kesuksesannya sebagai salah satu tokoh besar dan berpengaruh di Amerika Serikat bahkan dunia.

 

Belajar mengevaluasi diri

 

Belajar ikhlas menerima kegagalan memang sulit, namun hal ini penting agar Anda tidak dihantui penyesalan yang lebih besar lagi nantinya. Percaya dirilah bahwa Anda dapat memberi hasil yang lebih baik dari saat ini. Ingat bagaimana Thomas Edison tak lengah meski telah mengalami puluhan ribu kali kegagalan. Berkat keteguhan dan kemauannya, ia akhirnya sukses menciptakan bola lampu.

 

Jangan terfokus pada kegagalan

 

Terfokus pada kegagalan Anda hanya sia-sia belaka. Hal itu tidak akan dapat mengubah apapun. Faktanya Anda tidak dapat mengubah hari kemarin, jadi cobalah menatap masa depan demi menggapai kesuksesan yang lebih baik.

 

Lepaskan perasaan dihakimi

 

Tak sedikit orang yang takut dihakimi ketika mengalami kegagalan dalam berbagai aspek dalam hidupnya. Ingatlah bahwa masa depan Anda ditentukan oleh Anda sendiri, jadi jangan hiraukan  dengan perkataan dan padangan orang lain. Maju dan percaya dirilah.

 

Bangun point of view yang baru

 

Cobalah mengubah poin of view atau cara pandang Anda terhadap kegagalan. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengubah perspektif negatif Anda menjadi perspektif yang lebih positif. Misalnya, dengan berkata “Jika saya gagal, saya selangkah lebih dekat dengan keberhasilan, saya akan lebih cerdas dan berwawasan berkat pengalaman gagal ini”.

 

Jika Anda adalah salah satu pribadi yang masih menghadapi kegagalan hari ini, maka jangan lupa mengingat ribuan orang sukses yang pernah gagal. Mereka akan memberitahu Anda bahwa kegagalan justru adalah loncatan kecil yang membawa mereka menuju loncatan yang lebih besar. Ingatlah seperti apa yang dikatakan oleh Michael Jordan ini. “Saya telah kehilangan lebih dari 9000 tembakan dalam karir saya. Saya telah kehilangan 300 pertandingan. Pada kesempatan ke 26 saya dipercayakan untuk menang. Saya telah gagal berkali-kali dalam hidup saya, dan itu sebabnya saya berhasil”.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

The Power of Influence

 

Sumber Pertolongan

 

Dua Pesan Khusus Ketua PGI Jika Jokowi Jadi Presiden

Wanna Be Creative? Hidupi 7 Kebiasaan Ini

 

Sri Hartati, Tinggalkan Pekerjaan Demi Selamatkan Anak Dari Narkoba

 

Anak-anak, Tunjukkan Kreatifitasmu!

Sumber : Forbes.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami