Paus Fransiskus : 1 dari 50 Imam Pedofil
Sumber: REUTERS/Tony Gentile

Internasional / 14 July 2014

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus : 1 dari 50 Imam Pedofil

Lois Official Writer
3693

Paus Fransiskus menyatakan bahwa dari data yang dapat dipertanggungjawabkan, sekitar 2 persen pendeta di gereja Katolik penderita pedofilia, yaitu kelainan seksual terhadap anak-anak. Itu berarti 1 dari 50 pendeta adalah pedofil. Tindakan percabulan yang dilakukan para imam ini ibarat seperti penyakit lepra yang menjangkiti gereja.

Pernyataan Paus tersebut dikutip BBC dari surat kabar Italia, La Repubblica, Senin (14/7/2014).Namun juru bicara Vatikan menyatakan kutipan di surat kabar tersebut tidak sesuai dengan kata-kata Paus yang sebenarnya. Dalam wawancara itu, Paus mengatakan bahwa dua persen merupakan angka yang diberikan penasihatnya.

Surat kabar Italia itu sendiri mendapatkan pernyataan tersebut setelah Paus dan pendiri koran tersebut, Eugenio Scalfari, seorang ateis berbicara selama satu jam. “Banyak kolaborator saya yang bersama-sama melakukan perlawanan (terhadap pedofilia) meyakinkan saya dengan statistik yang dapat diandalkan yang menunjukkan bahwa tingkat pedofilia di gereja adalah sekitar 2 persen,” ujar Fransiskus di koran tersebut.

“Data ini seharusnya membesarkan hati saya namun saya harus mengatakan pada Anda bahwa itu tidak membesarkan hati sama sekali. Malah, saya pikir ini sangat mengkhawatirkan,” ujar Paus lagi.

Adapun angka dua persen bukan hanya terdiri dari pendeta tapi juga uskup dan kardinal. Dirilis daily mail, Paus mengatakan dia tengah mengusahakan hal terbaik untuk mengubah kebiasaan buruk ini dan merehabilitasi para penderita dengan pengajaran. Namun hal itu tidaklah mudah, karena ‘sudah menyebar’ di rumah Tuhan.

Sumber : berbagai sumber by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami