8 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Info Sehat / 13 July 2014

Kalangan Sendiri

8 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Theresia Karo Karo Official Writer
8530

Gaya hidup dan pola makan buruk secara tidak sadar berakibat buruk terhadap kesehatan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi, merupakan salah satu penyakit yang saat ini banyak diderita masyarakat. Tetapi tidak semua orang sadar dirinya menderita penyakit ini. Menurut Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia Prof dr Suhardjono, hal ini disebabkan penyakit hipertensi yang tidak menunjukkan gejala. Akan tetapi bila didiamkan akan sangat berbahaya karena berpotensi menganggu organ vital tubuh, misalnya ginjal dan jantung. 

Penderita hipertensi diharapkan untuk berhati-hati saat melakukan aktifitas. Karena beberapa tindakan akan menjadi berbahaya. Tindakan berbahaya yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Telungkup

Hindari terlalu lama menonton TV atau membaca dengan posisi badan telungkup. Hal ini disebabkan rongga dada akan menerima tekanan yang berpotensi mengganggu pernapasan. Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya kontraksi otot perut yang kemudian meningkatkan tekanan darah.

Olahraga dengan Gerakan Intensif

Gerakan olahraga intensif yang dimaksud adalah gerakan jongkok dan berdiri dengan cepat. Atau menggelengkan kepala dengan cepat, hal ini bisa menyebabkan pendarahan pada pembuluh darah otak. Pilihlah untuk berolahraga ringan seperti berjalan santai, senam, meditasi atau Taichi selama tiga puluh menit.

Mengikat Dasi Terlalu Ketat

Mengikat ketat bagian leher bisa membuat otot arteri tertekan, sehingga penyaluran darah ke otak menjadi terhambat. Kemudian bisa berakibat pada kekurangan darah, kekurangan oksigen bahkan penyempitan pembuluh nadi pada otak.

Mendengar Musik Aliran Keras atau Tempo Cepat

Musik seperti metal atau hardcore dapat merangsang indera tubuh dan menegangkan saraf. Berpotensi menyebabkan disfungsi endokrin mental, kenaikan tekanan darah yang mengarah pada penyakit kardiovaskular.

Makan Cepat

Makan dengan waktu singkat dan berlebihan tidak dianjurkan bagi penderita hipertensi. Penting untuk mengatur jam makan dan jumlah asupan yang dimasukkan ke tubuh. Selain itu makanan lebih baik harus dikunyah hingga halus dan jauhi minuman keras dan rokok. Penting juga untuk diingat, mengurangi penggunaan garam pada makanan.

Menahan Nafas atau Ngeden

Karena dikhawatirkan dapat memperbesar kontraksi otot perut karena menahan nafas (ngeden). Hal ini biasa dilakukan saat akan buang air besar (BAB) atau saat mengangkat barang berat. Tindakan ini secara otomatis dapat meningkatkan tekanan darah. Bila ada gangguan saat pembuangan sebaiknya diatasi dengan perbanyak memakan buah dan sayuran yang kaya akan serat.

Emosi

Kegugupan yang besar menyebabkan kekacauan fungsi endokrin yang menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan naiknya tekanan darah bagi penderita hipertensi. 

Menggunakan Tenaga secara Mendadak

Untuk tidak semakin memperburuk keadaan, penderita hipertensi dilarang untuk menggunakan tenaga secara mendadak. Karena pada orang sehat sekalipun bila menggunakan tenaga secara mendadak pasti akan mengalami kenaikan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi normal seharusnya berkisar antara 120-110/80-70 mmHg. Bagi seseorang dengan tekanan darah diatas 160 disarankan untuk minum obat hipertensi. Pada tekanan darah hingga 250, dapat menimbulkan gejala seperti pandangan yang kabur dan kejang. Bila sudah terkena hipertensi, seumur hidup harus bergantung pada obat-obatan. Bila tidak begitu, hipertensi akan semakin tidak terkontrol dan berakibat buruk bagi kesehatan.

 

Baca Juga:

Laga Ujicoba, Timnas U-23 Bertolak ke Italia

Shakira dan Santana, Dipastikan 'Tutup' Piala Dunia 2014

Tangani Hipertensi dengan 8 Bahan Makanan Ini!

Alejandro Sabella: "Jerman Selalu Sulit Diatasi"

Kantor Survei JSI Diteror Bom Molotov

Sumber : Bpjs-kesehatan/Erabaru.net by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami