Pro-Kontra Dunia Terhadap Serangan Israel ke Palestina

Nasional / 12 July 2014

Kalangan Sendiri

Pro-Kontra Dunia Terhadap Serangan Israel ke Palestina

Lori Official Writer
9238

Konflik Israel dan Palestina masih menjadi pusat perhatian dunia Internasional.  Memasuki hari ke empat, serangan darat Israel telah menewaskan sebanyak 90 warga sipil Palestina.

 

Kendati begitu, kedua negara ini tampaknya belum menemukan jalan tengah untuk bersepakat melakukan genjatan senjata. Kondisi ini jelas membangkitkan reaksi dari dunia Internasional, beragam pro dan kontra dari negara-negara Muslim dan Barat terus mengalir seperti pernyataan di bawah ini.

 

Pernyataan negara-negara kontra Israel

 

- Dewan Keamanan PBB harus menggelar pertemuan darurat dan mengambil langkah untuk menghentikan serangan Israel ke Jalur Gaza (Sekretaris Jenderal Liga Arab Nabil al-Arabi).

 

- Negara Barat dan pendukung Zionis harus mengambil langkah tegas untuk mencegah bencana kemanusiaan di Palestina (Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran).

 

- Pemerintahan Bolivaria mengecam keras respons militer yang tidak adil dan tidak proporsional oleh negara Israel terhadap orang Palestina yang heroik (Presiden Venezuela Nicolas Maduro)

 

- Mesir mengutuk permusuhan yang membunuh dan melukai belasan warga Palestina ini. Mesir juga meminta Israel menghentikan segala hukuman kolektif (Menteri Luar Negeri Mesir).

 

 

 

Pernyataan negara-negara pro Israel:

 

- Tidak ada negara yang harus berdiam diri ketika roket dari organisasi teroris diluncurkan ke negara mereka dan megenai warga sipil tidak berdosa (Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Jen Psaki).

 

-   Kutuk serangan mengerikan yang dilakukan Hamas dan menegaskan hak Israel mempertahankan diri dari mereka (Perdana Menteri Inggris David Cameron)

 

- Minta kedua pihak menurunkan ketegangan. Skotlandia menawarkan diri untuk merawat warga yang terluka akibat konflik. Skotlandia siap menawarkan bantuan apa pun yang kami bisa berikan. Tawaran kami yakni memberi tenaga medis spesialis untuk menolong warga sipil yang membutuhkan evakuasi medis secepatnya (Menteri Luar Negeri Skotlandia Humza Yousaf)

 

- Penembakan roket dari Jalur Gaza menimbulkan situasi yang mengancam dan menyebabkan kekerasan serta kekerasan balasan. Saya harap semua pihak setuju bahwa konfrontasi militer yang bisa melampaui batas harus dicegah.

 

- Saya mengutuk bertambahnya korban, termasuk yang dilaporkan, perempuan dan anak-anak, yang menyebabkan Israel melakukan serangan udara ke Gaza (Menteri Luar Negeri Irlandia).

 

- Serangan roket yang disebut berasal dari Gaza, mendesak Israel bertindak hingga mengakibatkan jatuhnya korban. Saya mengutuk bertambahnya jumlah nyawa melayang di Gaza (Seketraris Jenderal PBB Ban Ki-moon).

 

Setiap negara atau masyarakat Internasional pasti sepaham untuk memerangi kekerasan yang mengorbankan warga sipil yang tidak berdosa. Namun peliknya konflik diantara kedua negara, sepatutnya dipandang dengan benar sehingga tidak menimbulkan propaganda. Dalam hal ini, dibutuhkan peran serta negara lain sebagai mediator kedua negara demi mencapai kesepakatan damai.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Arpeggio Testified

Persepi Segera Audit Lembaga Survei Abal-abal

Tingkatkan Serangan, PBB Desak Israel Genjatan Senjata

Purnomohadi: Arsitek Sukses Dibalik Stadiun Gelora Bung Karno

Kemerdekaan, Rahasia Meraih Keajaiban.


Sumber : Tempo.co/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami