Dewan Pers Sikapi Dukungan 'The Jakarta Post' ke Jokowi-JK
Sumber: Tempo.co

Nasional / 5 July 2014

Kalangan Sendiri

Dewan Pers Sikapi Dukungan 'The Jakarta Post' ke Jokowi-JK

Lori Official Writer
2458

Dewan Pers sikapi dukungan tertulis harian ‘The Jakarta Post’ di kolom editorial yang diberi judul ‘endorsing Jokowi’  pada Jumat (4/7). Deklarasi dukungan itu dinilai lazim dilakukan oleh surat-surat kabar internasional.

 

Dukungan ini dianggap sah lantaran dimuat di kolom editorial harian sebagai bentuk pandangan harian sendiri untuk dibagikan kepada publik. Sehingga bentuk dukungan demikian tidak akan mengurangi independensi dan profesionalitas media.

 

“Saya kira tak ada masalah di sini, bukan berarti dengan itu independensinya jadi tidak ada. Media harus membagi semacam referensi terhadap publik, jadi itu tak ada salahnya,” kata anggota Dewan Pers, Nazer Patria, Jumat (4/7), seperti dilansir Tempo.co.

 

Nazer menilai tindakan dukungan harian berbahasa Inggris ini sesuai dengan kode etik jurnalistik, dengan tidak menempatkan peryataan sikapnya di halaman depan surat kabar.

 

Sementara redaksi media itu menyatakan bahwa deklarasi resmi itu dilakukan setelah menempuh diskusi panjang bersama internal redaksi senior Jakarta Post. “Orang-orang yang baik tidak bisa diam saja tanpa berbuat apa-apa. Bersuaralah ketika ketidakadilan terjadi, dan berdirilah secara tegak menolak gelombang kekuatan yang tidak baik,” demikian bagian tulisan editorial.  

 

Sejak berdiri selama 31 tahun, The Jakarta Post menyatakan keberpihakannya mengusung Capres-Cawapres maju sebagai pemimpin baru bangsa. Mereka mengaku terpanggil secara moral untuk bersuara dipihak yang dianggap lebih unggul dan pantas menjadi pemimpin.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah Potensi Ancaman Suksesnya Pilpres

 

3 Kejutan Tak Terduga Bagi Kubu Jokowi-JK

 

JK: Debat Bukan Soal Menang dan Kalah

 

Dokter: Puasa Sembuhkan Maag Fungsional

 

4 Kreatifitas Unik Sepanjang Kampanye Capres

Sumber : Tempo.co/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami