3 Pihak yang Nyatakan Netral Namun Ada Keterpihakannya
Sumber: tribunnews.com

Nasional / 2 July 2014

Kalangan Sendiri

3 Pihak yang Nyatakan Netral Namun Ada Keterpihakannya

Lois Official Writer
2844

Pihak-pihak ini punya pengaruh yang besar di dalam menentukan hasil pemilihan umum yang akan diadakan pada 9 Juli mendatang. Di dalam pernyataan awal, mereka menyatakan kenetralan dalam pemilu tersebut, namun ternyata ada keterpihakan dari tiga pihak ini. Berikut penjelasannya :

Demokrat

Pada Senin (30/6/2014) yang lalu, ketua Harian Partai Demokrat Syariefuddin Hasan mengatakan dukungan resmi partainya yaitu Demokrat untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Dukungan ini telah mendapat restu dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono sekaligus Presiden RI.

Menurutnya, dukungan resmi ini didasarkan pada sejumlah pertimbangan, terutama hasil Rapat Pimpinan Nasional Demokrat pada 18 Mei 2014 yang memutuskan Demokrat netral dalam pemilihan presiden tetapi tidak golput. Namun, setelah pemaparan Prabowo-Hatta di hadapan kader Demokrat pada 1 Juni 2014, pasangan ini pun dianggap memiliki visi-misi yang sama dengan SBY.

Sebagai Ketua Umum Demokrat, SBY berhak menentukan keberpihakannya. Namun, SBY pun masih menjabat sebagai Presiden RI yang punya kuasa tertinggi di pemerintahan.

Gereja

PGI sendiri telah menyatakan akan bersikap netral dalam menghadapi pemilihan umum nanti, namun nampaknya tidak dengan Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI). Pendeta Jacob Nahuway mengarahkan gereja-gereja di bawah PGPI untuk memilih salah seorang calon presiden.

Gereja sendiri merupakan salah satu lembaga yang dapat memberikan pengaruh besar, terutama kepada umat Kristen. Apalagi tugas utama gereja harusnya tidak berbau politik, namun lebih kepada Tuhan dan sesama.

Kepolisian RI

Kepala Polisi Jenderal Sutarman menyampaikan komitmennya bahwa seluruh jajaran kepolisian tetap netral dalam Pemilihan Presiden 2014 mendatang. Hal ini disampaikannya saat upacara HUT Bhayangkara ke-68 di Gedung PTIK, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Namun, keluarga besar dari Polri pun resmi menyatakan dukungannya. Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) menyatakan dukungan resminya kepada Prabowo Subianto-Hatta Rajasa melalui pernyataan yang dibacakan oleh Sekjen KBPPP, Paul Alexander Oroh usai Rapat Pimpinan Nasional II (Rapimnas II) KBPPP Jakarta, Senin (2/6/2014) malam.

 

Baca juga :

Gadis Keterbelakangan Mental Rawat Ayah Lumpuh

Setiap Langkah yang Berarti

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Transformers Age of Extinction, Akan Punahkah?

Cara Atur Kill Switch di iPhone Agar Terhindar Pencurian

Sumber : berbagai sumber by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami