Peran Orang Tua dalam Keselamatan Anak-1
Sumber: google

Pelayanan Anak / 2 July 2014

Kalangan Sendiri

Peran Orang Tua dalam Keselamatan Anak-1

Hevi Teri Official Writer
1202

Efesus 6:4 , " Dan kamu bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan. "

Dari Firman Tuhan ini kita dapat melihat bahwa membesarkan anak di dalam Tuhan bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah PERINTAH. Mengapakah demikian ? Tuhan ingin agar semua manusia mengenal-Nya dan mempunyai relasi yang akrab dan sehat dengan-Nya. Terlebih dari itu, Tuhan ingin agar manusia kembali menjadi umat-Nya—hidup dalam rahmat dan kehendak-Nya yang sempurna. Nah, di dalam bingkai inilah baru kita dapat mengerti mengapa Tuhan memberi perintah itu kepada kita, para orangtua. Ia rindu anak-anak kita mengenal-Nya dan mempunyai relasi dengan-Nya, serta menjadi umat-Nya.

Apakah artinya membesarkan anak di dalam Tuhan ?
Setidaknya ada dua hal yang terlibat di dalam membesarkan anak di dalam Tuhan yaitu
ASPEK PENGETAHUAN (tentang Tuhan) dan
ASPEK PENGALAMAN (hidup bersama Tuhan).

  • Aspek pengetahuan: Mengajarkan kepada anak tentang Tuhan
  •  
    • Siapakah Dia?
      Tuhan adalah Allah yang menciptakan alam semesta beserta isinya, termasuk kita manusia. Ia ada dalam bentuk roh, sudah ada sejak dulu kala dan akan ada sampai selamanya. Ia adalah Allah yang berkuasa penuh atas segala yang terjadi di dalam hidup ini serta sanggup melakukan segalanya. Singkat kata kekuasaan-Nya tidak terbatas.
    • Apakah yang telah diperbuat-Nya di dalam hidup ini?
      Oleh karena Allah adalah pencipta, Ia mempunyai hak penuh untuk menuntut kita, manusia, hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Tetapi, Ia menghendaki kita melakukannya bukan karena keterpaksaan melainkan karena KETAATAN, yang lahir dari KASIH dan PERCAYA kepada-Nya.
    • Apakah yang telah diperbuat-Nya di dalam hidup kita?
      Pertama, secara pribadi Ia menyelamatkan kita dari hukuman dosa. Kedua, Ia terus membentuk kita supaya kita dapat melakukan kehendak-Nya. Makin taat dan makin melakukan kehendak-Nya, makin kita mengembangkan karakter seperti yang dimiliki Allah sendiri. Ketiga, Ia memberi kita pertolongan dalam melewati jalan kehidupan. Oleh karena dunia tercemar oleh dosa, banyak masalah timbul dan tidak selalu kita dapat menghadapinya. Ia selalu bersama kita untuk menguatkan dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Dan terakhir, Ia memakai kita untuk menjadi duta-Nya di dunia—mencerminkan dan membagikan kasih-Nya kepada sesama supaya mereka pun dapat mengenal-Nya serta menerima pengampunan dosa dari-Nya.

 

 

by. Telaga.org


Peran Orang Tua dalam Keselamatan Anak-2

Sumber : google
Halaman :
1

Ikuti Kami