4 Langkah Melatih Otot Mata yang Tegang

4 Langkah Melatih Otot Mata yang Tegang

Yenny Kartika Official Writer
18465

Tahukah Anda mengapa memandangi layar komputer atau gadget terus-menerus dapat merusak mata? Karena aktivitas tersebut membuat mata kurang bergerak, padahal alat indera yang satu ini dirancang untuk bergerak secara teratur. Pergerakan mata akan memaksimalkan aliran darah dan irama saraf yang terdapat di dalam bola mata, sekaligus menunjang kerja otot-otot yang mengatur pergerakan mata.

Lantas, bukankah seiring pertambahan usia kemampuan penglihatan memang akan semakin menurun? Sebenarnya tidak. Kemampuan penglihatan dapat terus dijaga dengan melatih otot-otot pengendali mata. Latihan tersebut niscaya akan mencegah ketegangan/kelelahan pada mata serta meningkatkan kemampuan penglihatan.

Berikut ini 4 (empat) langkah untuk melatih otot mata yang dapat dilakukan secara teratur:

Pertama, melirikkan mata ke sebelah kiri sejauh yang Anda bisa selama 3-5 detik, kemudian ganti dengan melirikkan mata ke  sebelah kanan selama 3-5 detik. Istirahat sejenak, lalu ulangi langkah ini beberapa kali.

Kedua, melirikkan mata ke atas sejauh yang Anda bisa selama 3-5 detik, kemudian melirikkan mata ke bawah sejauh yang Anda bisa selama 3-5 detik. Istirahat sejenak, lalu ulangi langkah ini beberapa kali.

Ketiga, putar mata perlahan-lahan. Awali dengan memutar mata searah jarum jam, kemudian berlawanan arah jarum jam. Istirahat sejenak, kemudian ulangi langkah ini beberapa kali. Pastikan putaran mata dilakukan perlahan-lahan—satu putaran mata penuh memerlukan waktu 3 detik.

Keempat, letakkan sebuah pulpen dengan jarak kira-kira sepanjang lengan Anda. Atur fokus Anda untuk memandangi ujung pulpen tersebut selama 3-5 detik. Kemudian ganti fokus Anda ke objek lain yang lebih jauh dari pulpen tersebut—semakin jauh semakin baik.

Untuk Anda ketahui, latihan otot mata seperti ini biasanya dilakukan oleh sejumlah pemain bisbol profesional untuk meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata mereka.

Sumber : Daily Health Post | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami