29 Juni, 28 Tahun lalu Argentina Jadi Juara Dunia

Nasional / 29 June 2014

Kalangan Sendiri

29 Juni, 28 Tahun lalu Argentina Jadi Juara Dunia

Budhi Marpaung Official Writer
2269

Warga Argentina pasti akan selalu mengingat tanggal 29 Juni sebagai tanggal bersejarah untuk dunia sepakbola mereka. Pasalnya, di tanggal ini 28 tahun lalu (1986) Tim Tango yang diperkuat oleh Diego Armando Maradona menjadi juara dunia untuk kali kedua.

Seperti diketahui, Argentina meraih trofi Piala Dunia pertama pada tahun 1978 di tanah air mereka sendiri. Kala itu, dibawah asuhan pelatih Cesar Luis Monetti, Daniel Passarella cs menaklukkan Belanda dengan skor 3-1 lewat babak perpanjangan waktu.

Kembali ke Piala Dunia 1986. Selain kemenangan Argentina atas Jerman Barat,  publik sepakbola pasti akan selalu teringat dengan momen gol “Tangan Tuhan” yang dibuat Maradona.

Kala itu, saat Argentina menghadapi Inggris di perempat final, Maradona yang tampil dominan atraktif selama pertandingan, menceploskan bola dengan tangannya. Aksinya tersebut tidak terlihat jelas oleh wasit karena saat melakukannya, Maradona melompat bak seorang pemain yang sedang menyundul bola.

Walau tidak diakui pada awalnya, tetapi 19 tahun setelah Piala Dunia 1986, sang legenda itu akhirnya mengakui bahwa gol ke gawang Inggris dilakukan dengan tangannya.

 

Baca juga: 

Piala Dunia 2014: Prediksi Argentina vs Bosnia-Herzegovina

6 Gizi Penting Untuk Mata

Thread Forum JC: Nobar Piala Dunia 2014

Seperti Bapa Tak Memberi Batu, Karya Jazzy Jonathan Prawira yang Tak Maksa

Aku Menolak

Sumber : goal.com , wikipedia.org / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami