5 Manfaat Lain Soda Kue di Dapur

Entertainment / 28 June 2014

Kalangan Sendiri

5 Manfaat Lain Soda Kue di Dapur

Yenny Kartika Official Writer
5868

Soda kue (baking soda) untuk memasak? Itu sudah biasa. Kita kerap menggunakan soda kue untuk bahan membuat roti. Tetapi ada banyak manfaat lain dari soda kue, terutama untuk kebersihan.

Soda kue lazim disebut juga pengembang natrium bikarbonat, yakni senyawa kimia bersifat basa yang memiliki rumus NaHCO3. Saat soda kue dicampurkan dengan bahan mengandung asam seperti coklat, buttermilk, dan yogurt, maka akan terjadi proses pengembangan pada adonan kue di dalam oven karena timbul gelembung-gelembung karbondioksida.

Selain menjadi bahan membuat kue, soda kue dikenal bermanfaat dalam membersihkan seluruh rumah. Sifatnya yang cepat larut dan mudah dibersihkan membuat soda kue ini praktis digunakan. Nah, dalam artikel ini akan dibahas khusus manfaat soda kue dalam membersihkan dapur. Tetapi sebelum mencoba, jangan lupa kenakan sarung tangan, ya.

 

#1 Membersihkan wajan atau panci berkerak

Kerak berwarna hitam atau coklat biasanya memenuhi permukaan pantat wajan atau panci. Kerak yang biasanya dihasilkan dari bekas minyak, kotoran, dan gosong ini dapat dibersihkan dengan soda kue. Caranya: didihkan air di dalam panci atau wajan yang hendak dibersihkan, lalu masukkan 1 sendok makan soda kue ke dalamnya. Dinginkan, kemudian gosok perlahan-lahan dengan sabut pencuci sampai kerak dan kotoran terangkat. Jika masih ada sisa, ulangi metode ini.

 

#2 Membersihkan buah dan sayur

Buah dan sayur yang tampak bersih belum tentu aman dikonsumsi, karena umumnya masih mengandung pestisida atau bahan kimia lainnya. Untuk kebersihan menyeluruh, gunakan trik ini: campurkan sebaskom air dengan beberapa sendok soda kue. Rendam buah atau sayur di dalamnya. Angkat, siram dengan air bersih.

 

#3 Membersihkan permukaan kompor

Pasca memasak, kompor akan berakhir dengan penuh cipratan noda dan minyak. Untuk mengatasi hal ini, cukup gunakan spons dan soda kue. Caranya: basahi spons dengan sedikit air sampai lembab, lalu taburkan soda kue. Gosok permukaan kompor dengan spons tersebut. Kompor dijamin mengkilap kembali.

 

#4 Membersihkan noda kunyit

Blender atau food processor yang dipakai untuk melumatkan rempah seperti kunyit, akan berakhir dengan noda kekuningan yang sulit dihilangkan dengan sabun cuci piring. Oleh karena itu, lebih baik gunakan soda kue. Caranya: masukkan satu cangkir air dan 1 sendok teh soda kue dalam mangkuk food processor atau blender. Nyalakan mesin selama 3 menit. Matikan, lalu bilas dengan air bersih. Jika masih ada sisa noda, masukkan air hangat ke dalam blender atau food processor dan diamkan selama 15 menit.

 

#5 Menghilangkan bau amis pada ikan

Bau amis pada ikan bisa disiasati dengan membubuhkan perasan jeruk nipis dan garam. Namun Anda bisa juga menggunakan soda kue. Caranya: campurkan 1 sendok makan soda kue dengan sedikit air sampai mengental. Lumuri ikan dengan larutan soda kue. Biarkan selama 1 jam di dalam kulkas.

 

BACA JUGA:

Tiada Satupun yang Tersembunyi di Hadapan Tuhan

Dilecehkan Berkali-kali, Sekalian Saja Kuhancurkan Hidupku

Pendidikan di Indonesia Dapat Rapor Merah

Saya Golput, Ada Masalah?

Sumber : berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami