Kornea Buatan Jadi Alternatif Donor Mata
Sumber: Viva.co.id

Serba-Serbi Sehat / 26 June 2014

Kalangan Sendiri

Kornea Buatan Jadi Alternatif Donor Mata

Lori Official Writer
5913

Dampak terburuk dari kerusakan kornea adalah kebutaan. Tak hanya itu, persoalan penyembuhan yang membutuhkan donor kornea baru tidaklah mudah. Untuk itu, para peneliti bergerak mengembangkan teknologi baru transplantasi kornea buatan/cangkokan sebagai alternatif pernyediaan donor mata bagi pasien.

 

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Ottawa Hospital Research Institute Kanada. Hasilnya, sebuah kornea yang terbuat dari kolagen (protein) buatan seukuran kancing baju dapat menjadi pengganti kornea mata yang rusak. Kornea ini dimasukkan ke dalam sel-sel mata yang kemudian akan menyesuaikan diri ke dalam sel kornela yang asli, aman dan mampu memulihkan penglihatan seperti sedia kala.

 

Pada tahun 2010, kornea ini pertama kali diuji coba kepada 10 pasien pria dan wanita yang mengalami kerusakan kornea. Jaringan korneanya dikerok lalu diganti dengan kornea buatan tersebut. Para pasien bahkan mengaku tidak mengalami masalah saat berkedip atau menangis.

 

Resiko infeksi pada mata, sangat membahayakan bagian lapisan bening terluar mata ini. Untuk menghindari kerusakan kornea, sebaiknya hindari paparan terhadap bakteri, virus atau mikrobiologi yang menyeabkan mata bengkak dan merah. Penggunaan kontak lensa yang tidak steril juga menjadi penyebab besar kerusakan kornea mata.


Baca Juga Artikel Lainnya:

3 Pria Ini Tewas Akibat Nonton Piala Dunia

8 Makanan Super Tingkatkan Daya Ingat Otak

Kontroversi Video Ahmad Dhani Hingga Teror Jurnalis 'Time'

Jarak Rumah-Kantor Pengaruhi Produktivitas Kerja

Untung Menggiurkan, Pilih Bisnis Sewa Rumah atau Kos-kosan?

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami