Mencegah Gaji Bulanan Agar Tidak Bocor
Sumber: jawaban.com

Entrepreneurship / 20 June 2014

Kalangan Sendiri

Mencegah Gaji Bulanan Agar Tidak Bocor

Budhi Marpaung Official Writer
5057

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh seorang karyawan yang mengandalkan pendapatan hanya lewat gaji bulanan adalah gaji habis sebelum waktunya. Tidak hanya mereka yang pria, kaum wanita profesional juga kerap tersandung di hal ini.

Supaya tidak terus menerus menjadi rantai yang menjerat, kita harus tahu bagaimana membuat gaji kita tidak jebol dengan cepat atau bahkan lebih baik lagi kita bisa menabungkannya.

Beberapa cara berikut sepertinya bisa Anda coba untuk mengatasi sekaligus mencegah penghasilan tetap Anda tidak keluar mengalir dengan deras:

1. Dibagi per pos

Pengalokasian pengeluaran dengan metode “pos” merupakan cara terjitu untuk mengatur berapakah uang yang harus (perlu) Anda keluarkan. Dengan alokasi pengeluaran, Anda bisa mengetahui kemampuan dan pos-pos mana yang bocor.

2. Jangan dilanggar

Tujuan membuat anggaran itu adalah agar pengeluaran terarah dan sesuai dengan rencana finansial yang Anda buat. Oleh sebabnya, kata kunci dari anggaran yang sukses adalah realistis dan disiplin.

Salah satu cara supaya Anda dapat realistis dan disiplin adalah dengan membuat rekening-rekening terpisah dengan nama-nama yang khas seperti rekening urusan belanja bulanan, rekening tagihan utilitas, rekening investasi, dan rekening khusus.

3. Debit otomatis

Untuk menghindarkan Anda dari “lupa” membayar tagihan-tagihan maka pakailah jasa debit otomatis bank. Kalau pun Anda tidak tidak terbiasa dengan transaksi elektronik maka gunakan kembali metode amplop. Isilah amplop sesuai dengan anggaran bulan itu. Kalau sudah mulai tipis, padahal belum akhir bulan, mau tidak mau berhematlah.

Selain membayar tagihan, Anda bisa juga memakai jasa debit otomatis untuk membayar investasi jangka panjang Anda. Memang untungnya belum terasa sekarang, tetapi ketika waktu bergulir beberapa tahun lamanya, Anda bakal mendapatkan manfaat melakukan apa yang Anda lakukan sekarang.

4. Buat prioritas

Jika ternyata pemasukan tidaklah sebesar rencana pengeluaran maka tindakan yang perlu Anda ambil adalah membuat prioritas. Taruhlah uang gaji yang Anda terima ke pos pengeluaran penting dan mendesak terlebih dahulu. Jika masih cukup, taruhlah ke pengeluaran penting dan kurang mendesak.

Bagaimana, mudah bukan mengatasi sekaligus mencegah kebocoran gaji bulanan Anda? Selamat mencoba.

 

Baca juga:

Tahun Depan, Tukang Sapu di Jakarta Pun Terima Gaji Melalui Transfer

Jadilah yang Asli

Thread Forum JC: Nobar Piala Dunia 2014

Damai yang Tetap

Mengambil Hati Anak yang Sedang Menangis

Tips Merayu Istri Agar Mau Diajak Berhubungan Intim (Khusus Suami)

Sumber : gigablog-area.blogspot.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami