Debat Putaran Ketiga, Jokowi Dapat Masukan Dari Tim Pakar
Sumber: merdeka.com

Nasional / 18 June 2014

Kalangan Sendiri

Debat Putaran Ketiga, Jokowi Dapat Masukan Dari Tim Pakar

Lois Official Writer
2513

Di dalam debat ketiga antar calon presiden tanggal 22 Juni 2014 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), calon presiden dengan nomor urut dua Joko Widodo dibriefing oleh para pakar yang ada di dalam timnya. Adapun tema kali ini mengangkat politik internasional dan ketahanan nasional. Hal ini dikemukakan oleh Charles Honoris yang merupakan salah satu tim sukses gubernur DKI Jakarta non aktif tersebut.

“Pak Jokowi akan di-briefing oleh tim debat dan pakar-pakar mengenai pertahanan dan luar negeri yang ada di tim pemenangan kami. Di dalamnya ada purnawirawan TNI, seperti Agum Gumelar, Luhut Panjaitan, TB Hasanuddin, termasuk Andi Widjajanto,” ujar Honoris, Selasa (17/6/2014).

“Persiapannya akan sangat matang karena buat kita masalah pertahanan dan luar negeri adalah masalah yang cukup krusial dalam memimpin Indonesia lima tahun ke depan,” tambahnya lagi. Untuk urusan perpolitikan luar negeri, Jokowi akan mendapat masukan dari Menteri Luar Negeri tahun 1999-2001, Alwi Shihab. “Pak Alwi Shihab masuk dalam tim pemenangan dan aktif sekali dalam memberikan masukan dan pandangan terkait persoalan internasional,” ujarnya.

Honoris juga menyatakan bahwa Jokowi dipastikan tidak mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan dunia internasional. “Sebagai pebisnis, Jokowi memiliki pengalaman berkomunikasi dengan pihak luar, kalangan di luar negeri. Jokowi sebagai pengikut Bung Karno, tentu akan melaksanakan ajaran Trisakti dalam menerapkan politik dan hubungan dengan dunia internasional,” ujarnya Selasa (18/6/2014) kemarin.

Selain itu, Jokowi juga dia nilai dapat mengedepankan etika dalam berhubungan dengan dunia internasional. “Dan tidak melakukan intimidasi,” ujarnya. Tidak hanya itu, Jokowi diyakini akan berupaya membangun sumber daya manusia yang handal. “Diplomat yang handal, akan dilahirkan untuk bisa menangani perkara Indonesia di mahkamah internasional. Itu salah satu contohnya,” ujar Honoris kemudian.

 

Baca juga :

Surat dari Gadis 15 Tahun Untuk Ayahnya

Pacaran dengan Visi Misi yang Benar

Otak Tiba-Tiba Blank? Atasi dengan Ini

Kalau Jodoh Tak Akan Kemana

Cahaya Dari Timur, Cerita Pesepakbola Asal Maluku

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami