Debat: Prabowo Latihan Psikologi, Jokowi Boyong 20 Tim Ahli
Sumber: Tempo.co.id

Nasional / 15 June 2014

Kalangan Sendiri

Debat: Prabowo Latihan Psikologi, Jokowi Boyong 20 Tim Ahli

Theresia Karo Karo Official Writer
3089

Komisi Pemilihan Umum akan mengadakan debat antara dua calon presiden yang akan diadakan malam ini (15/6). Jokowi dan Prabowo kali ini akan melakukan debat terkait dengan tema ekonomi. Ketua Bidang Strategi Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Romahurmuziy mengatakan bahwa capres nomor urut satu ini sedang mengikuti pelatihan psikologi.

Romy mengungkapkan, "persiapan psikis diperlukan dalam situasi di mana puluhan juta warga yang nonton debat itu". Psikis yang dimaksud disini juga memasukkan unsur menghibur. "Artinya kemampuan melakukan entertaining supaya lebih rileks," ungkapnya pada Tempo.co. Bahasa tubuh dan pemilihan kata pada debat yang sebelumnya juga akan dievaluasi, sehingga diharapkan hasilnya lebih maksimal dari debat pertama. Persiapan yang cukup matang telah disiapkan, termasuk juga meminta bantuan dari sejumlah guru besar dari perguruan tinggi, tetapi hal ini tidak dipaparkan lebih lanjut oleh Romy.

Langkah Jokowi dalam mempersiapkan diri untuk debat capres kali ini juga hampir sama. Tim persiapan untuk debat Jokowi yang ada di Jakarta, semua diboyong ke Solo. Hal ini disebabkan oleh waktu yang semakin menipis karena Jokowi sedang melakukan kunjungan ke Solo. Capres yang diusung PDIP ini mengatakan, "ada 20 orang tadi di hotel. Dikumpulkan karena sudah ndak ada waktu."

Anggota Tim Pemenangan Jokowi, Firman Jaya Daeli menyampaikan bahwa pihaknya tidak menyiapkan strategi tertentu untuk debat kedua ini. Menurutnya, tema debat yang menyangkut ekonomi, ketahanan pangan dan pendidikan sudah terlebih dahulu dituangkan Jokowi dalam kebijakannya selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo. Debat kali ini hanya melibatkan calon presiden yakni Jokowi dan Prabowo tanpa melibatkan calon wakil presiden.

Sumber : Merdeka/Tempo.co by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami