Ini Dia 3 Tips Membuat Sambal Enak
Sumber: Blogspot.com

Entertainment / 14 June 2014

Kalangan Sendiri

Ini Dia 3 Tips Membuat Sambal Enak

Yenny Kartika Official Writer
3769

Masakan Indonesia, baik itu digoreng, direbus, dibakar, atau dikukus akan kurang lengkap tanpa sambal. Ya, sensasi pedas dan terbakar di lidah merupakan andalan setiap orang Indonesia untuk semakin menikmati lezatnya sebuah hidangan. Alih-alih menggunakan sambal botolan (instan), kita tentu lebih gemar membuat sambal sendiri karena kadar pedasnya bisa ditentukan sesuai selera.

Membuat sambal lezat butuh cara yang tepat, lho! Berikut ini 3 tips membuat sambat enak:

#1 Tentukan sambal apa yang mau dibuat—apakah sambal matang atau sambal mentah. Sambal mentah tentu cocok dibuat sesaat sebelum hendak dikonsumsi saja. Oleh karena itu, membuat sambal mentah juga perlu takaran yang cukup; jangan sampai terlalu banyak karena menyimpan sambal mentah terlalu lama hanya akan membuat citarasanya berkurang.

#2 Jika ingin membuat sambal matang, Anda bisa menyimpannya (di lemari es) selama 2 hari. Jangan lupa untuk memasak terlebih dahulu bahan-bahan sambal matang seperti cabai, tomat, terasi dan bawang sebelum diulek.

#3 Pilih cabai yang benar-benar segar dan jangan biarkan ada sebuah cabai pun yang busuk terbawa saat mengulek, karena akan mempengaruhi rasa sambal secara keseluruhan.

Tidak sulit, bukan? Untuk menentukan tingkat kepedasan Anda bisa membedakan antara penggunaan cabai merah dan cabai rawit. Umumnya cabai rawit lebih pedas daripada cabai merah.

Selamat mencoba!

 

BACA JUGA:

Kualitas Wanita Penopang Rumah Tangga yang Kuat

VIDEO: It's Time To Wake Up!

5 Kesalahan dalam Menghadapi Perubahan Karir

Herpes Semakin Parah Bila Konsumsi Ini

Sumber : Kokiku | Resep Masakanku | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami