Piala Dunia 2014: Cat Semprot Wasit Mulai Digunakan

Nasional / 13 June 2014

Kalangan Sendiri

Piala Dunia 2014: Cat Semprot Wasit Mulai Digunakan

daniel.tanamal Official Writer
2213

Ada hal yang unik saat laga pembukaan Piala Dunia 2014 saat Brasil menghadapi Kroasia Jumat (13/6/2014) dini hari tadi. Wasit asal Jepang, Yuichi Nishimura menggunakan cat semprot saat Kroasia mendapat tendangan bebas pada babak pertama.

Apakah guna cat semprot tersebut? Ternyata cat semprot tersebut ternyata digunakan untuk membuat garis batas saat tendangan bebas diberikan di sekitar kotak terlarang. Pemain bertahan lawan harus berdiri di belakang garis yang telah dibuat oleh wasit.

Dikutip dari situs resmi FIFA, cat semprot sebagai penanda tendangan bebas akan digunakan kali pertama di Piala Dunia 2014 ini. Wasit asal Jepang, Yuichi Nishimura adalah wasit pertama yang menggunakan cat berbahan aerosol yang akan hilang dalam waktu satu menit ini.

Wasit terbaik Asia tahun 2012 itu membuat lingkaran di sekeliling bola dengan semprotan tersebut dan kemudian membuat garis batas berjarak sekitar 9 meter dari bola. Garis batas tersebut menandai posisi di mana tembok pertahanan lawan berdiri.

Sistem ini sebenarnya telah digunakan dalam liga Brasil dan Argentina selama beberapa musim, dan juga diuji coba pada Piala Dunia U-20 tahun lalu. Cat semprot ini rencananya akan digunakan pada Liga Champion Eropa musim depan.

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami