5 Pertandingan Pembuka Piala Dunia yang Paling Berkesan
Sumber: Sidomi.com

Nasional / 12 June 2014

Kalangan Sendiri

5 Pertandingan Pembuka Piala Dunia yang Paling Berkesan

Budhi Marpaung Official Writer
4330

Piala Dunia selalu menarik perhatian tidak hanya para pecinta sepak bola, tetapi juga orang yang awam dengan si kulit bundar. Salah satu hal yang paling ditunggu dari event ini adalah pertandingan pembukanya. Sebab, seringkali banyak kejadian yang tidak terduga jelang atau saat laga perdana berlangsung.

Berikut adalah 5 pertandingan pembuka Piala Dunia yang paling berkesan sebagaimana disadur dari tulisan Nick Miller di blog situs olahraga ESPN:

5. Perancis vs Mexico (Piala Dunia 1930)

Piala Dunia 1930 adalah Piala Dunia FIFA pertama, kejuaraan internasional untuk tim sepak bola nasional pria. Karena laga Perancis vs Mexico merupakan pertandingan pembuka di kejuaraan perdana ini maka tidak salah jika laga tersebut dimasukkan ke dalam pertandingan pembuka Piala Dunia yang paling berkesan.

Hasil akhir antara kedua tim adalah 4-1 untuk kemenangan Perancis. Sang pembuka gol di laga ini adalah Lucien Laurent, penyerang dari Tim Ayam Jantan.   

4. Chili vs Swiss (Piala Dunia 1962)

Yang menjadi menarik dari pertandingan pembuka di Piala Dunia 1962 adalah jelang mulainya laga Cile vs Swiss, Ketua Umum Federasi sepak bola Chili (tuan rumah Piala Dunia 1962 adalah Chili, red), Charles Dittborn, meninggal dunia akibat serangan jantung.

Dittborn merupakan tokoh utama yang memperjuangan Chili menjadi tuan rumah Piala Dunia 1962. Dalam kondisi Chile yang pada 1961 wilayahnya digoncang gempa hebat, Dittborn berhasil meyakinkan FIFA untuk tidak mengalihkan dukungan kepada Argentina – negara yang juga ingin mengadakan Piala Dunia 1962.

3. Jerman vs Kosta Rika (Piala Dunia 2006)

Menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, Jerman mencengangkan publik di laga pembuka dengan permainan atraktif dan berbeda dari yang pernah ditunjukkan sebelumnya. Menghadapi Kosta Rika, Der Panzer yang kala itu diisi oleh para pemain muda seperti Mezut Ozil, Marco Reus, dan Mario Goetze, langsung bermain menyerang dan menekan sejak awal.

Hasilnya, skor akhir 4-2 untuk keunggulan Jerman pun menutup laga hari itu. seperti diketahui, sebelum dipegang Juergen Klismann, gaya bermain Jerman adalah gaya bermain lambat panas. Tidak heran, Jerman termasuk salah satu tim kuat sepak bola dunia yang minim sekali mencetak gol ke gawang lawan khususnya apabila berada di turnamen resmi.  

4. Senegal vs Prancis (Piala Dunia 2002)

Satu pertandingan pembuka yang pastinya tidak akan pernah dilupakan dari sejarah Piala Dunia adalah pertandingan pembuka Piala Dunia 2002 yang mempertemukan antara Senegal vs Prancis. Prancis yang saat itu hadir sebagai sang juara bertahan secara mengejutkan dikalahkan oleh Senegal 0-1.

Bahkan dalam perjalanannya, Thiery Henry cs harus angkat koper lebih awal karena hanya mampu meraih 1 poin.

5. Kamerun vs Argentina (Piala Dunia 1990)

Argentina boleh berbangga sebagai juara Piala Dunia 1986, tetapi lawannya di pertandingan pembuka, Kamerun justru lebih bersukacita. Pasalnya, hanya dengan sembilan pemain, Kamerun dapat menekuk Argentina yang kala itu masih diperkuat Diego Maradona.

Roger Mila seusai pertandingan bahkan memberi pernyataan kepada media bahwa tidak ada satu pun tim yang dapat melakukan apa yang Kamerun baru saja lakukan.

 

Sementara itu, beberapa jam lagi, pertandingan pembuka Piala Dunia 2014 akan segera dimulai. Banyak pihak yang menjagokan Brasil yang bakal memenangkan laga, tetapi apakah prediksi mayoritas itu yang terjadi? Kita lihat saja.

 

Baca juga: 

Piala Dunia 2014: Prediksi Pertandingan Brasil vs Kroasia

Panjang Sabar Sejati vs Panjang Sabar Palsu

Thread Forum JC: Beda Agama Kristen dan Katolik

 Ragam Manfaat Mengajar Anak Berenang Sejak Usia Dini

Lagu Ku Sembah Kau, Tetap Enak Dibawakan Jason Chang

Sumber : espnfc.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami