Survei SSG: Kelas Menengah Lebih Pilih Jokowi-JK

Nasional / 5 June 2014

Kalangan Sendiri

Survei SSG: Kelas Menengah Lebih Pilih Jokowi-JK

daniel.tanamal Official Writer
2793

Hasil survey terbaru dari Soegeng Sarjadi School of Government (SSG) memperlihatkan bahwa mayoritas masyarakat dari kelompok kelas menengah lebih memilih pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dibanding Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Direktur SSG Fadjroel Rachman mengatakan dalam menentukan pilihan politik, masyarakat kelas menengah cenderung lebih independen dan obyektif dalam menentukan pilihan. "Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla lebih disukai daripada Prabowo-Hatta," katanya di Jakarta, Kamis (5/6).

Menurut Fadjroel, mereka terbiasa mencermati visi dan misi para kandidat melalui berbagai media, seperti televisi, situs online, dan media cetak. Selain itu, pemilih dari kelompok kelas menengah lebih obyektif.

Berdasarkan telesurvei SSG terhadap 1.250 responden, sebanyak 42,65 persen responden memilih Jokowi-Jusuf Kalla. Survei tentang preferensi pemilih kelas menengah ini dilakukan dengan metode wawancara telepon pada 26 Mei-4 Juni dengan simpangan kesalahan 2,78 persen

Dari survey tersebut, hanya 28,35 persen yang memilih Prabowo-Hatta. Sedangkan 29 persen lainnya belum menentukan pilihan. Sebanyak 82 persen responden tersebut berpendidikan minimal tamat SMA. Sebanyak 64 persen berpenghasilan di atas Rp 2,25 juta per bulan.
 

 

 

 


Sumber : Tempo
Halaman :
1

Ikuti Kami