Fakta Seputar Kuburan Massal Anak-Anak di Irlandia
Sumber: adoptionrightsalliance.com

Internasional / 5 June 2014

Kalangan Sendiri

Fakta Seputar Kuburan Massal Anak-Anak di Irlandia

Lois Official Writer
4204

Kuburan massal anak-anak ditemukan di Irlandia, tepatnya di septic tank bekas gereja Katolik di Kota Tuam, dekat Galway, Irlandia Barat. Sekitar 796 anak ini diperkirakan dikubur antara tahun 1925 hingga 1961. Adapun kuburan tersebut ditemukan oleh dua anak laki-laki yang tidak sengaja menemukan makam tanpa tanda saat sedang bermain di dekat lokasi.

“Bukti sampai saat ini tampaknya menunjukkan bahwa sesuatu yang sangat mengerikan terjadi waktu itu,” ujar Menteri Pendidikan Irlandia, Ciaran Cannon. Menurut sejarahwan lokal, Catherine Corless yang ikut menggali penemuan mengerikan itu pada tahun 1925 terdapat rumah panti asuhan The Home di tempat tersebut. Panti ini menampung anak yang lahir di luar ikatan pernikahan dan dibuang ibunya.

Berdasarkan hasil inspeksi pemerintah setempat pada 1944 diketahui panti tersebut pernah mengalami masalah kekurangan gizi yang menimpa 271 anak dan 61 ibu yang tidak menikah. Catatan ini menyebutkan mereka kemudian mati karena sakit, cacat tubuh, dan lahir prematur.

Penduduk yang sudah berusia lanjut mengisahkan bahwa pada jaman tersebut, anak-anak hasil hubungan di luar nikah sering mendapat perlakuan yang berbeda dari anak lain. Di sekolah mereka dipisahkan dari murid lainnya, hingga mereka diadopsi pada usia 7-8 tahun. Pada sebuah foto hitam putih di panti asuhan The Home itu, tidak satupun anak tampak tersenyum.

Menanggapi hal itu, pemimpin gereja di Galway mengatakan tidak tahu ada begitu banyak anak yang meninggal dan dimakamkan di sana. Namun mereka akan mendukung upaya lokal membuat pekuburan yang lebih layak.

 

Baca juga :

Cara Ikuti Training Agar Benar-Benar Bermanfaat

Berbagai Tantangan yang Bikin Hubungan Tambah Lengket

5 Kebutuhan Manusia yang Harus Dipenuhi

Edge of Tomorrow, Hidup Mati yang Terus Berulang

Saya Harus Mengejarnya

Sumber : solopos.com-tempo.co by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami