Menkominfo: Media Hanya Menampilkan Sisi Dramatis Bencana
Sumber: viva.co.id

Nasional / 5 June 2014

Kalangan Sendiri

Menkominfo: Media Hanya Menampilkan Sisi Dramatis Bencana

Lori Official Writer
3196

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Tifatul Sembiring berkomentar seputar pemberitaan media yang disuguhkan kepada penonton terlalu mendramatisir. Menurutnya peran media sepatutnya membantu dalam pengumpulan data untuk membantu korban, bukan malah menarik banyak penonton.

Himbauan ini disampaikannya di depan para jurnalis yang hadir dalam Pertemuan Media Untuk Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Asosiasi Broadcaster se-Asia Pasifik (ABU) di Jakarta pada Kamis (5/6).

“Persaingan untuk menarik penonton saat ini membuat beberapa media memilih menampilkan sisi traumatis dan dramatis dari bencana. Media seharusnya tidak mengorbankan kepentingan publik untuk mendapat informasi menyeluruh mengenai bencana,” kata Tifatul, seperti dirilis Antaranews.com.

Senada dengan Tifatul, Sekretaris Jenderal ABU, Javad Mottaghi menyampaikan agar pertemuan media ini mampu menjadi jembatan untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim. “Kami berharap forum ini bisa menjadi ajang tukar pikiran antar jurnalis tentang bagaimana melaporkan isu perubahan iklim. Kami juga mengharapkan akan ada proyek konkret setelah acara ini,” ujar Mottaghi.

Baru-baru ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengkritik media lantaran memuat pemberitaan yang timpang sebelah, khususnya menjelang Pemilihan Presiden 9 Juli nanti. Kritikan itu sepatutnya menjadi pengingat bagi media untuk kembali menjalankan amanatnya sebagai sumber informasi berimbang, akurat dan terpercaya. Sebab media berperan besar mempengaruhi paradigma publik.  


Baca Juga Artikel Lainnya:

Sekolah Alkitab Mengaku Salah Pakai Kutipan Hitler

Ahok: Saya Disumpah Untuk Amankan Jakarta

Menteri Sibuk Timses, SBY : Silahkan Mundur

Itu mungkin. Ayo lakukan sekarang!

Pers Terpecah, SBY: Simak MetroTV dan TVOne

PGI Kecewa Pemerintah Belum Tuntaskan Kasus Intoleransi

Sumber : Antaranews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami