Salam Tiga Jari Thailand Adopsi Film
Sumber: Reuters

Nasional / 4 June 2014

Kalangan Sendiri

Salam Tiga Jari Thailand Adopsi Film "Hunger Games"

Theresia Karo Karo Official Writer
6543

Demonstrasi berskala kecil tengah berlangsung di Bangkok. Hal ini terjadi sejak kepala militer Jenderal Prayuth Chan-ocha merebut kekuasaan di Thailand. Demonstran memiliki simbol dengan mengacungkan tiga jari sebagai tanda perlawanan terhadap militer.

Aktivis antikudeta Thailand, Sombat Boongam-anong mengaku salam tiga jari punya arti penting. Menurut berita yang dirilis dari BBC, Sombat menyampaikan seruannya melalui laman Facebook. ”Mengacungkan tiga jari telah menjadi simbol seruan penegakan hak-hak politik kami,” Selanjutnya dia meminta para pengunjuk rasa mengacungkan tiga jari sebanyak tiga kali sehari. Dimulai sejak pukul 09.00, 13.00 dan 17.00 waktu setempat.

Makna yang terkandung dari salam tiga jari ini ternyata cukup beragam. Salah satunya mengadopsi tiga nilai Revolusi Prancis yakni kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan. Ada juga yang memaknainya dengan kebebasan, pemilihan umum, dan demokrasi. Sedangkan dari juru bicara militer Kolonel Weerachon Sukhondhapatipak menganggap bahwa salam tiga jari itu diadopsi dari film “The Hunger Games”.

Militer Thailand mengancam akan menangkap pihak yang menggunakan salam tiga jari untuk menyatakan perlawanan terhadap kudeta pada bulan Mei yang lalu. “Kami tahu simbol itu berasal dari film yang menandakan perlawanan terhadap kekuasaan. Jika seseorang mengacungkan tiga jari, kami tidak akan menangkapnya. Namun, jika aksi itu dilakukan oleh lima orang atau lebih, kami harus bertindak. Jika mereka menolak, kami harus menahan mereka.”

Militer akan mengawasi setiap masyarakat yang menggunakan symbol ini. Dalam Film The Hunger Games sendiri, salam tiga jari dimaknai sebagai perlawanan terhadap pemerintah otoliter. Film yang mengadopsi buku karangan Suzanne Collins ini mengisahkan negara fiksi bernama Panem. Salam tiga jari dipupulerkan oleh tokoh utama Katniss Everdeen.

 

 

Baca juga :

Cara Ikuti Training Agar Benar-Benar Bermanfaat

Berbagai Tantangan yang Bikin Hubungan Tambah Lengket

5 Kebutuhan Manusia yang Harus Dipenuhi

Edge of Tomorrow, Hidup Mati yang Terus Berulang

Sumber : BBC/VOA by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami