Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Budhi Marpaung

Official Writer
11635


Walau merupakan penyakit yang sudah cukup banyak diketahui orang, tetapi jangan pernah meremehkan penyakit tifus. Salah memberikan penanganan, hal buruk dapat dialami oleh sang penderita.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B, dan C ini adalah dengan mengatur pola makan yang dikonsumsi. Seperti diketahui penderita tifus hanya boleh makan bubur nasi atau bubur buah manis yang sangat encer. Selebihnya dari itu, dilarang.

Dua jenis makanan berikut merupakan makanan yang pantang untuk diasup oleh para penderita tifus. Apakah sajakah dua jenis makanan yang dimaksud? Berikut uraiannya.

1. Makanan pedas. Jenis makanan ini ketika dikonsumsi akan membuat organ-organ pencernaan panas. Luka di dalam usus akibat bakteri Salmonella typhi selama tifus jika diberi makanan pedas akan mengalami pembengkakan dan mungkin pendarahan.

2. Makanan berlemak. Jenis makanan ini dicerna lebih lama oleh tubuh daripada makanan berkarbohidrat. Hal ini terjadi karena ikatan kimia yang lebih kompleks dan juga karena pencernaan lemak baru terjadi di dalam usus. Bukan di mulut atau di lambung seperti layaknya karbohidrat. Jika penderita tifus mengonsumsi makanan berlemak, ususnya yang sedang mengalami masalah malah akan semakin parah kondisinya karena yang seharusnya tidak boleh dipaksa bekerja, justru dipaksa bekerja.

Selain dua jenis makanan diatas, penderita tifus juga dilarang untuk mengonsumsi kopi dan minuman bersoda. Sebab mengonsumsi kopi maupun minuman bersoda akan memicu naiknya tingkat keasaman lambung. Bila asam lambung meningkat maka usus yang sedang terluka akan semakin terluka. Ketika ini sudah masuk pada taraf sangat parah maka itu bisa memicu kematian sang penderita tifus.

 

Baca juga: 

Kelelahan, Agnes Monica Sakit Tifus

Siapakah Mentor Anda?

Cara Mudah Melekatkan Hubungan Dengan Anak

3 Makanan yang Juga Mampu Hentikan Kebiasaan Merokok


Sumber : doktergaul.com / bm

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us