MACAM-MACAM PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DAN PENGARUH TERHADAP ANAK

MACAM-MACAM PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK DAN PENGARUH TERHADAP ANAK

Hevi Teri Official Writer
1134

3. Neglect Parenting (sedikit waktu untuk anak)

http://www.jawaban.com/assets/uploads/hevi_teri/images/main/140318145956.jpg

Dalam pola pengawasan ini, orang tua kurang memiliki komitmen untuk anaknya. Mereka jarang ada waktu untuk anaknya, dan mereka lebih mengutamakan suatu hal dibanding anaknya, dengan pola ini orang tua harus menanggulangi itu semua dengan memenuhi tuntutan anak mereka dengan memberikan apa yang anak mau selagi mereka mampu.Orang tua di pola ini cenderung tidak mengetahui bagaimana perilaku dan kebiasaan anak mereka. Mereka jarang untuk berbicara atau menceritakan suatu hal dengan anak mereka.

Dampak dari minimnya kasih sayang dari orang tua tersebut akan membuat anak nantinya menjadi berkemampuan rendah dalam mengontrol emosinya, dan prestasi sekolahnya juga akan buruk. Anak menjadi kurang bertanggung jawab, dan akan mudah dihasul oleh hal-hal yang kurang baik dalam lingkungannya kelak.


4. Indulgent Parenting (memberikan kebebasan tinggi pada anak)

  http://www.jawaban.com/assets/uploads/hevi_teri/images/main/140318150114.jpg

Dalam pola pengawasan ini, orang tua kurang memperhatikan faktor kedisiplinan dan lebih mengutamakan kemauan anak, anak bebas memilih pada hal yang mereka inginkan, anak bebas bertindak sesuai yang mereka mau. Orang tua dalam hal ini cenderung lebih memanjakan anaknya, melindungi anaknya dengan sangat, membiarkan anaknya berbuat kesalahan, dan menjauhkan anak dari paksaan, keharusan, hukuman, dan enggan  meluruskan  penyimpangan perilaku anak. Pola ini akan membuat anak suka menentang, tidak patuh jika disuruh tidak sesuai kehendak anak tersebut, hilangnya rasa tenggang rasa, dan kurang bertoleransi dalam bersosialisasi dimasyarakat. Anak akan suka meminta dan membuat mereka selalu manja dan sulit untuk berprestasi di sekolahnya.

   Pengawasan dan bimbingan orang tua adalah hal terpenting untuk membuat anak menjadi seperti apan nantinya ia di kemudia hari, pola bimbingan orang tua akan membentuk jati dirinya, dangan menjadi orang tua yang dapat memahami dan mengerti bagaimana yang seharusnya dilakukan terhadap anak, akan membuat anakpun menjadi nyaman. Orang tua memang penting, namun faktor lingkungan juga sangat penting untuk membuat seperti apa nantinya keperibadian anak tersebut saat beranjak dewasa.   

 

>>>>

                       

Sumber : google

Ikuti Kami